Hari Ini, Jamaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Selasa ini akan diterbangkan 11 kloter dari 9 embarkasi. Sebanyak 4.459 jamaah dari berbagai daerah di Indonesia akan bertolak ke Arab Saudi.

Hari Ini, Jamaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci
romadanyl
Menag Lukman menyapa jamaah haji Indonesia JKG 001 yang akan memasuki bus menuju bandara.

Terkait

Hidayatullah.com– Musim haji 1437 H/2016 M memasuki fase pemberangkatan jamaah haji. Hari ini, Selasa, 6 Dzulqa’dah 1437 H (09/08/2016), jamaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Tanah Suci.

Seremonial pelepasan dilakukan di Gedung Serbaguna Utama Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta TImur, pukul 04.15 WIB.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas keberangkatan jamaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

Para jamaah sebelumnya tinggal selama 24 jam di Asrama Haji Pondok Gede. Lalu diberangkatkan dari embarkasi menggunakan bus menuju Bandara Halim Perdanakusuma, tempat mereka diagendakan terbang menuju Arab Saudi sekitar pukul 08.00 WIB.

Pelepasan jamaah haji oleh Menag Lukman Hakim ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada perwakilan petugas haji, Yudi Rusmanto dari TPHI.

“Hari ini, akan diterbangkan 11 kloter dari 9 embarkasi. Sebanyak 4.459 jamaah (dari berbagai daerah di Indonesia) akan bertolak ke Tanah Suci,” jelas Menag dalam keterangan resmi Kemenag.

Ia mengatakan, 9 embarkasi yang memberangkatkan jamaah haji hari ini yakni Medan, Batam, Padang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Lombok, dan Makassar.

Lukman berpesan kepada jamaah haji agar terus menjaga kesehatan supaya tetap bugar saat menjalankan ibadah haji.

Cuaca di Tanah Suci, kata dia, akan sangat berbeda dengan di Indonesia. Menag pun menyarankan agar jamaah menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, banyak minum air, dan melakukan aktivitas seperlunya.

13 Embarkasi

Diketahui, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menegaskan, jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan melalui 13 embarkasi.

Sembilan embarkasi, memberangkatkan jamaah kloter 01 pada tanggal 9 Agustus, yaitu, Embarkasi Padang (PDG) pada pukul 06.25 WIB, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pukul 08.15 WIB, Embarkasi Batam (BTH) pukul 09.30 WIB, dan Embarkasi Makasar (UPG) pada pukul 09.40 WITA.

Selain itu, embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Surabaya (SUB) pada pukul 10.30 WIB, Embarkasi Medan (KNO) pukul 12.30 WIB, Embarkasi Solo (SOC) pukul 16.40 WIB, dan Embarkasi Banjarmasin (BDJ) pada pukul 23.30 WITA.

Tiga embarkasi lainnya, baru akan memberangkatkan jamaah haji pada tanggal 10 Agustus. Yaitu, Balikpapan (BPN), Palembang (PLM), dan Aceh (BTJ).

Sedangkan Embarkasi Lombok (LOP), baru akan memberangkatkan jamaah haji gelombang dua pada 23 Agustus mendatang. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga mabrur!*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !