Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Info Haji & Umrah

Kondisi Terbaru Pasca Pelepasan Cincin Tawaf di Masjidil Haram

hidayatullah.com/Lukman Hakim
Kondisi lengang terlihat di lintasan tawaf yang berjauhan dengan Ka'bah
Bagikan:

Hidayatullah.com–Usai dirampungkannya proyek pelepasan  ring tawaf di sekeliling Ka’bah pada 29 April 2016 yang lalu, pemanfaatan lantai dasar Masjidil Haram bagi jamaah umrah untuk tawaf lebih maksimal.

Lantai dasar Masjidil Haram kini dapat menampung  jumlah jamaah yang lebih banyak dibandingkan saat ring tawaf masih terpasang, mereka pun lebih leluasa untuk melakukan tawaf.

Sebelum ini, Ketua Komite Perluasan dan Pembangunan  pernah mengumumkan,  mataf yang baru akan mampu menampung sekitar 107.000 jamaah setiap jamnya. Mataf baru akan difungsikan sempurna Bulan Ramadhan tahun ini.

Cincin Tawaf Dibongkar, Jamaah Bisa Capai 107 Ribu Orang

Menurut pantauan hidayatullah.com  Jum’at (20/05/2016),  kondisi  lengang  terlihat di lintasan tawaf yang berjauhan dengan Ka’bah, dimulai dari belakang  Maqam Ibrahim dan yang sejajar dengannya, hingga mendekati tangga tangga yang menjadi akses menuju lantai satu.

Namun kondisi padat tetap terlihat di sekitaran ka’bah dan titik titik tertentu, seperti Hajar Aswad, Multazam, Hijr Ismail, dan Rukun Yamani. Hal tersebut sangatlah lazim dikarenakan  jamaah berlomba-lomba untuk melakukan amalan-amalan yang disunnahkan di tempat-tempat tersebut.

Jalur-jalur menuju lantai dasar Masjidil Haram akan ditutup kurang lebih satu jam menjelang waktu shalat fardu.

Hal tersebut diberlakukan demi ketertiban shaf saat shalat didirikan. Jamaah yang belum sempat turun ke lantai dasar akan melakukan tawaf dilantai satu masjid atau menunggu sampai jalur-jalur kebawah kembali dibuka usai shalat.

Dalam pantauan hidayatullah.com adalah proses penyempurnaan lintasan tawaf di lantai dua dan lantai tiga Masjidil Haram yang sebelumnya telah tersambung.

Sebagaimana diketahui, cincin tawaf  dibangun di bulan Ramadhan 2014 lalu, dengan bentuk lingkaran, mengitari bangunan Ka’bah, dan dibangun dua tingkat.

Cincin yang diperuntukkan bagi orang lemah dan cacat tersebut mempunyai luas lantai 12 meter, dan ketinggian 13 meter, dan digunakan hingga proyek perluasan daerah tawaf yang juga bagian dari mega proyek perluasan Masjidil Haram */Zulfahmi (Saudi)

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Kami Datang dan Belajar

Kami Datang dan Belajar

Gelar Haji dan Hajjah

Gelar Haji dan Hajjah

Pembuatan Dokumen Haji Sudah Selesai 99 Persen

Pembuatan Dokumen Haji Sudah Selesai 99 Persen

Jamaah Haji China Tahun ini Terbanyak

Jamaah Haji China Tahun ini Terbanyak

Sejarah Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Sejarah Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Baca Juga

Berita Lainnya