Senin, 25 Oktober 2021 / 18 Rabiul Awwal 1443 H

Info Haji & Umrah

Jamaah Umrah Meningkat, Pakistan Teratas

Arab News
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kementerian Haji Arab Saudi menyebutkan, terdapat peningkatan 14 persen jamaah umrah dari luar negeri yang datang ke Madinah musim ini, dibandingkan dengan tahun lalu. Jamaah dari Pakistan tercatat terbanyak dibanding jamaah dari negara lainnya.

Menteri Haji Ali Al-Ghamdi mengatakan, sekitar dua juta jamaah telah mengunjungi Madinah selama musim saat ini. Setelah Pakistan, Indonesia, Iran, dan India, merupakan jamaah paling banyak selanjutnya, katanya, dilaporkan Arab News, Kamis (20/2/2014).

Kementerian Haji terus-menerus memantau fasilitas dan layanan yang diberikan kepada para jamaah. Kementrian telah menginstruksikan kepada perusahaan penyelenggara umrah untuk membuat ketentuan khusus untuk jamaah tua dan lemah secara fisik, katanya.

Kementerian juga melakukan inspeksi transportasi dan fasilitas perumahan bagi jamaah haji saat di Jeddah, Makkah, dan Madinah, untuk memastikan keselamatan mereka, dan mencegah orang-orang asing menjadi perantara dalam dua sektor penting ini, katanya.

Al-Ghamdi mengatakan, pengawas kementerian telah mengizinkan 39 orang terlibat dalam penyediaan perumahan bagi jamaah, yang seluruhnya warga Saudi.

Kementerian itu tahun lalu melakukan 1.948 kunjungan inspeksi dan 552 kunjungan mendadak untuk memeriksa pelayanan perumahan.

Menteri mengatakan, kementerian melakukan inspeksi perumahan untuk memenuhi standar keselamatan. Sejauh ini telah melakukan 372 kunjungan dan terdeteksi 152 pelanggaran peraturan keselamatan di Makkah, katanya.

Ia menambahkan, kementerian di wilayah Makkah juga memeriksa 9.009 unit rumah, yang tahun lalu telah digunakan 1,3 juta jamaah umrah.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag Imbau Para Alumnus Petugas Haji Peduli Korban Banjir

Kemenag Imbau Para Alumnus Petugas Haji Peduli Korban Banjir

pembatalan haji

Arab Saudi Belum Keluarkan Regulasi Umrah, Kemenag: Penyelenggara Siapkan Diri Dulu

Komisi I DPR Minta Penundaan Rekam Biometrik Jamaah Haji-Umrah

Komisi I DPR Minta Penundaan Rekam Biometrik Jamaah Haji-Umrah

Kalau Haji Ditunda, Setoran Lunas Jamaah Dapat Dikembalikan

Kalau Haji Ditunda, Setoran Lunas Jamaah Dapat Dikembalikan

Vaksinasi covid-19 umrah

Indonesia Akan Perketat Penerapan Protokol Kesehatan Jamaah Umrah

Baca Juga

Berita Lainnya