Selasa, 6 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Info Haji & Umrah

IPHI Usulkan Pengelolaan Ibadah Haji Terpisah dari Kemenag

Ketua IPHI Parni Hadi.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) mengusulkan agar pelaksanaan ibadah haji Indonesia dilaksanakan oleh badan khusus yang terpisah dari Kementerian Agama.

“Pengelolaan haji Indonesia hendaknya dipisahkan antara regulator dan operator,” kata Ketua IPHI, Parni Hadi pada diskusi “Dialektika Demokrasi: Pengelolaan Dana Haji” di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Pembicara lainnya pada diskusi tersebut adalah anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi partai Golkar Ace Hasan Sazili dan pengamat haji M Subarkah.

Menurut Parni Hadi, Kementerian Agama sebagai regulator penyelenggaraan ibadah haji Indonesia hendaknya bertindak sebagai pengawas, sedangkan pelaksanaannya dilaksanakan oleh badan khusus yang posisinya berada di bawah presiden.

“Kalau Kementerian Agama sebagai regulator sekaligus bertindak sebagai operator, maka pelaksanaan ibadah haji bisa tumpang tindih,” ucapnya, dilansir Antara.

Parni Hadi menambahkan, sebelumnya pada rapat dengar pendapat antara Komisi VIII DPR RI dan IPHI, pernah diusulkan agar dipisahkan antara regulator dan operator pada penyelenggaraan ibadah haji.

Namun realitasnya, kata dia, sampai saat ini penyelenggaraan ibadah haji masih diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Menurut Parni Hadi, badan khusus pelaksana ibadah haji itu bentuknya seperti badan-badan negara yang lain, yang posisinya berada di bawah presiden serta anggotanya profesional di bidangnya yang ditunjuk oleh presiden dan dipilih oleh DPR RI.

“Badan khusus pelaksana haji ini harus bekerja secara transparan, termasuk pelaporan keuangan, sehingga tidak sampai muncul dugaan penyimpangan dana haji,” ujarnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Ibadah Haji 2021 Saudi ditiadakan

Masih Dibahas, BPIH Belum Tetapkan Biaya Haji Tahun 2021

RUU Pengelolaan Keuangan Haji Diharapkan Selesai 2014

RUU Pengelolaan Keuangan Haji Diharapkan Selesai 2014

Dirjen PHU Beri Sanksi Tujuh Penyelenggara Umrah

Dirjen PHU Beri Sanksi Tujuh Penyelenggara Umrah

4 Rombongan Bus Jemaah Haji Kloter 44 Alami Kecelakaan di Jeddah

4 Rombongan Bus Jemaah Haji Kloter 44 Alami Kecelakaan di Jeddah

12 Tahun Gagal 10 Kali, Akhirnya Lulus Jadi Petugas Haji

12 Tahun Gagal 10 Kali, Akhirnya Lulus Jadi Petugas Haji

Baca Juga

Berita Lainnya