Sabtu, 27 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Info Haji & Umrah

BPS: Kepuasan Jamaah Haji pada 2013 Meningkat

Kedatangan jamaah haji di pemondokan Makkah tahun 2013.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Badan Pusat Statistik (BPS) kembali merilis hasil survei kepuasan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 2013. Indeks kepuasan jamaah haji tahun 1434 H/2013M mencapai angka 82,69, mengalami peningkatan dibanding tahun lalu dengan angka 81,32 persen, dengan demikian tergolong memuaskan.

“BPS telah mensurvei kepuasan jamaah haji selama empat tahun. Jika dibandingkan hasil survei tahun sebelumnya, terjadi kenaikan indeks kepuasan jamaah haji sebesar 1,37%, dan tergolong memuaskan,” kata Kepala BPS Suryamin, saat menyampaikan paparan hasil survei kepuasan jamaah di gedung Kementerian Agama jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Menurut ia, peningkatan mutu penyelenggaraan ibadah haji mencakup aspek pembinaan pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji. Untuk mengukur kinerja perlu survei dan penelitian yang teratur, profesional, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Survei ini untuk mengetahui kesenjangan tingkat kepuasan dan tingkat harapan jamaah haji terhadap mutu dan pelayanan penyelengaraan haji,” jelasnya.

Metodologi yang dipergunakan menggunakan metodologi pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi pelayanan jamaah. “Pada tahun ini jumlah responden meningkat dari  target 12.800 responden, sampel yang masuk dan layak olah berjumlah 8.623 atau 67,41 persen. Hasilnya indeks kepuasan jamaah haji menurut jenis pelayanan mencapai angka 82,69,” jelas Suryamin.

Di hadapan Menteri Agama Suryadharma Ali dan sejumlah undangan, Suryamin lebih lanjut memaparkan,  faktor pendorong peningkatan kepuasan jamaah meliputi beberapa jenis pelayanan yaitu; transportasi di Arab Saudi, pelayanan petugas kloter, petugas non-kloter, pelayanan ibadah, akomodasi/pemondokan, dan pelayanan katering.

“Pelayanan tranportasi tahun ini lebih baik. Kebijakan up grade bus antarkota, baik dari Madinah ke Makkah, Jeddah ke Madinah, Jeddah ke Makkah, telah menjadikan waktu tempuh lebih cepat dan kenyamanan di dalam bus,” kata Suryamin, dilansir laman Kemenag.

Sedangkan pelayanan katering juga lebih baik, karena kebijakan menggunakan sistem nasi boks yang dimasak di dapur milik maktab di Arafah dan Mina. Hal ini menyebabkan masakan tetap segar dan terjaga kualitasnya, serta dapat meminimalisasikan keterlambatan pemberian katering pada jamaah haji.

BPS juga mensurvei, pada pelayanan kesehatan mencapai angka 90,  sangat memuaskan, tapi menurun dibanding lalu mencapai angka 90,29. Sedangkan indeks pelayanan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) naik, dari angka 95,63 menjadi angka 96,95.

Menanggapi hasil survei BPS, Menteri Agama menyatakan, meski mendapat nilai memuaskan, pihaknya tetap menekankan agar tahun mendatang pelayanan lebih baik lagi. “Kita senang dapat laporan baik, bukan berarti tidak ada masalah atau  tidak ditemukan masalah. Tapi  masalah bukan hal yang sangat dominan mewarnai penyelenggaraan haji,” kata Menag.

Selain penyampaian paparan BPS, di tempat yang sama juga dilaksanakan penyampaian laporan keuangan haji tahun 2013 oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Anggito Abimanyu, peluncuran buku Menjemput Cahaya Hidayah, serta penilaian kinerja asrama haji embarkasi.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Jamaah Haji China Tahun ini Terbanyak

Jamaah Haji China Tahun ini Terbanyak

Ini Nama-nama korban insiden Mina asal Indonesia

Ini Nama-nama korban insiden Mina asal Indonesia

Sudah 90% Jamaah Haji Indonesia Berada di Makkah

Sudah 90% Jamaah Haji Indonesia Berada di Makkah

Garuda Akan Angkut 79.020 Ribu Jamaah Haji

Garuda Akan Angkut 79.020 Ribu Jamaah Haji

Rabithah Siap Undang Wartawan Indonesia dan Luncurkan Situs Islam

Rabithah Siap Undang Wartawan Indonesia dan Luncurkan Situs Islam

Baca Juga

Berita Lainnya