Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Info Haji & Umrah

2.245 Jamaah Haji Kloter Satu hari ini Tiba di Madinah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebanyak 2.245 jamaah kloter satu Embarkasi Jakarta (JKG), Medan (MES), Batam (BTH), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Surabaya (SUB), dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah pada Selasa (10/09/2013) ini.

 “Proses kedatangan jamaah di Madinah berbeda dengan Jeddah. Di Madinah, prosesnya relatif lebih simpel. Kisarannya antara 30 menit sampai dengan 1 jam sejak pesawat itu landing, jamaah sudah dapat diberangkatkan menuju pemondokan,” ujar Kadaker Jeddah Akhmad Jauhari ketika dikonfirmasi mengenai kesiapan Daker Madinah menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Madinah,  sebagaimana dikutip MCH.

“Kloter pertama Embarkasi Batam (BTH) yang akan mendarat pertama di AMAA pukul 14.50 WAS dan direncanakan secara seremonial akan disambut oleh Akting Konjen KJRI Jeddah Sunarko,” tambah Jauhari.

Jauhari menambahkan bahwa tim kerjanya juga sudah melakukan langkah-langkah persiapan operasional Daker Madinah, seperti: pertama, melakukan konsolidasi internal seluruh sumber daya yang ada, baik yang di Sektor maupun di Daker, termasuk penyiapan sarana dan prasarana yang terkait pelayanan kepada jamaah.

Persiapan yang kedua adalah melakukan konsolidasi eksternal, baik kepada Majmuah maupun kepada penyedia layanan katering jamaah selama di Madinah.

“Secara umum, Majmuah siap menerima kedatangan jamaah haji. Tim pengawas katering juga sudah melakukan pengawasan on the spot, yaitu melihat sejauh mana persiapan dari para penyedia katering, baik kesiapan peralatan, SDM, maupun bahan bakunya. Laporan yang saya terima secara umum untuk layanan katering juga sudah siap,” ujar Akhmad Jauhari.

Pelepasan

Selasa (10/09/2013) hari ini, Menteri Agama Suryadharma Ali melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah yang akan menunaikan haji di Arab Saudi melalui embarkasi Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan membaca talbiah.

Menteri Agama berharap jemaah haji Indonesia bisa maksimal beribadah di Tanah Suci. Dia juga meminta seluruh jemaah berdisiplin dan mematuhi petunjuk dari petugas haji.

Ia juga mengingatkan areal tawaf Masjidil Haram akan lebih padat tahun ini dan mengimbau jemaah berhati-hati.

Selain itu Menteri Agama mengingatkan jemaah agar fokus beribadah dan tidak menghabiskan waktu untuk berbelanja.

“Jangan sibuk belanja,” katanya dikutip Antara.

Ia menjelaskan pula bahwa 90 persen jemaah haji Indonesia pada musim haji 2013 belum pernah berhaji atau umroh sehingga belum mengenal kawasan Masjidil Haram di Makkah, yang sedang direnovasi, serta Masjid Nabawi di Madinah.

Kondisi yang demikian, ia menambahkan, membuat potensi jemaah tersesat lebih besar.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

4 Rombongan Bus Jemaah Haji Kloter 44 Alami Kecelakaan di Jeddah

4 Rombongan Bus Jemaah Haji Kloter 44 Alami Kecelakaan di Jeddah

Megawati dan Keluarga Pergi Haji

Megawati dan Keluarga Pergi Haji

Jamaah Iran Berterima Kasih Pelayanan Istimewa Selama Berhaji

Jamaah Iran Berterima Kasih Pelayanan Istimewa Selama Berhaji

Kemenag: Saudi Setop Sementara Visa Umrah Indonesia, PPIU Harus Intensif Mengedukasi Jamaah

Kemenag: Saudi Setop Sementara Visa Umrah Indonesia, PPIU Harus Intensif Mengedukasi Jamaah

Masa Tinggal Jamaah di Saudi Akan Dipersingkat

Masa Tinggal Jamaah di Saudi Akan Dipersingkat

Baca Juga

Berita Lainnya