Selasa, 19 Januari 2021 / 6 Jumadil Akhir 1442 H

Info Haji & Umrah

Setoran Awal Haji Akan Naik, Pelayanan Dinilai Lebih Baik

layanan bagi jamaah Indonesia tahun lebih baik dari pada tahun lalu
Bagikan:

Hidayatullah.com—Jika tak ada aral melintang, biaya setoran awal berangkat haji bakal nai. Kabar ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali. Menurut Menag,  pemerintah berencana menaikkan setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun depan.

“Tahun depan setoran awal BPIH akan dinaikkan menjadi antara Rp30 juta sampai Rp32,5 juta, ini untuk menekan antrian,” katanya dikutip Antara, Rabu, 17 Oktober 2012 sebelum berangkat ke Arab Saudi bersama rombongan Amirul Haj di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Suryadharma mengatakan, semakin besar dana setoran awal yang dikelola Kementerian Agama akan semakin besar pula manfaatnya bagi jamaah haji Indonesia.

“Semakin besar subsidi untuk jamaah,” katanya.

Sebelumnya setiap orang yang hendak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci hanya harus membayar setoran awal Rp 25 juta.

Dengan calon jemaah dalam daftar tunggu sampai dua juta orang, dana setoran awal yang terkumpul sampai Rp 42 triliun.

Lebih Baik

Sementara itu, saat tiba di Jeddah, Suryadharma Ali mengatakan, layanan bagi jamaah Indonesia tahun lebih baik dari pada tahun lalu dan dia berharap kondisi terjaga hingga akhir kepulangan nanti.

Suryadharma di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Kamis, mengatakan berdasarkan laporan yang dia terima dan pantauannya di Jakarta maka untuk sementar dia menilai kualitas pelayanan haji lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Indikasi lebih baik itu dibandingkannya dengan layanan di imigrasi yang kini lebih cepat dibanding tahun lalu, yakni berkisar 1-2 jam sementara tahun lalu hingga 3-4 jam, begitu juga kedatangan pesawat yang juga lebih tepat waktu meski diakuinya ada beberapa yang masih terlambat.

Ia juga menyatakan jarak pemondokan di Makkah yang masih bisa sama dengan tahun lalu yakni paling jauh 2,5 kilometer yang dibantu dengan angkutan dalam kota Satpco meskipun untuk menjaga jarak tersebut sangat sulit karena pemerintah Kota Makkah membongkar sebagian besar gedung pemondokan dan hotel di sekitar Masjidil Harram.

Sementara di Madinah, jarak rata-rata dari hotel ke Masjid Nabawi relatif dekat yakni terjauh 650 meter dan hal itu lebih dekat dibandingkan tahun lalu.

Sementara ada ganjalan sedikit pada layanan bus dimana sebuah bus yang mengangkut jamaah Indonesia dari Madinah ke Makkah terbakar bersama koper.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

UU Haji-Umrah Disahkan, Jamaah Lansia & Disabilitas Diprioritaskan

UU Haji-Umrah Disahkan, Jamaah Lansia & Disabilitas Diprioritaskan

Pemerintah Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia 10 Ribu

Pemerintah Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia 10 Ribu

Antrean Pergi Haji Mencapai 15 Tahun

Antrean Pergi Haji Mencapai 15 Tahun

Ibadah Haji dan Kesucian Harta

Ibadah Haji dan Kesucian Harta

Ledia Hanifa: Butuh Payung Hukum Untuk Kelola Dana Abadi Umat

Ledia Hanifa: Butuh Payung Hukum Untuk Kelola Dana Abadi Umat

Baca Juga

Berita Lainnya