Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Info Haji & Umrah

Pemerintah Saudi Siapkan Terowongan Baru Mina

Bagikan:

Hidayatullah.com–Selain memperluas kawasan di sekitar Masjidil Haram yang menjadi proyek unggulan pemerintah Arab Saudi terkait peningkatan layanan jamaah haji. Pemerintah setempat pun menyiapkan langkah lain untuk mendukung upaya tersebut.

Ketua Muasasah Asia Tenggara, Zulhair bin Abdul Hamid Sedayu mengaku pemerintah Arab Saudi tengah gencar melakukan peningkatan infrastruktur bagi pelayanan ibadah haji. Program itu terkait dengan keinginan pemerintah Arab Saudi menambah kapasistas jamaah haji.

“Tahun ini ada sejumlah kegiatan fisik yang berkaitan dengan pelayanan haji. Yakni perluasan kawasan Masjidil Haram dan pembangunan sebuah terowongan baru Mina,” papar Zulhair bin Abdul Hamid Sedayu sela kegiatannya di Makkah, dikutip Media Center Haji (MCH) kemarin.

Dijelaskan Zulhair selama ini ada dua terowongan yang digunakan bagi jamaah haji saat melaksanakan prosesi jamarot (melempar batu;red). Kedua terowongan tersebut berfungsi baik dan memeuhi kebutuhan jamaah sekitar 3 juta orang.

Namun, sambung dia tentu kondisi terowongan itu menjadi berbeda, jika jumlah jamaah yang ditargetkan pemerintah Arab Saudi meningkat. Rencananya jumlah jamaah haji yang dapat ditampung pemerintah pada tahun mendatangn mencapai 6 juta orang.

“Dengan angka sebesar itu butuh berbagai perbaikan infrastruktur. Semua fasilitas yang berkaitan dengan pelayanan haji perlu menyesuaikan kembali, termasuk terowongan ketiga Mina,” tegasnya.

Secara umum, lanjut dia pengerjaan terowongan sudah berjalan sesuai jadwal. Tidak ada hambatan yang serius dalam pengerjaannya. Sehingga diperkirakan dapat selesai dalam waktu cepat.

“Jika tidak ada halangan apapun tahun depan sudah dapat beroperasi terowongan ketiga Mina ini,” ungkapnya.

Dari pantauan wartawan di lokasi pembangunan terowongan ketiga Mina itu memang sedang dalam pengerjaan. Bentuk terowongannya tak berbeda dengan dua terowongan sebelumnya. Letaknya pun berdampingan.

Diperkirakan panjang terowongan ketiga ini sama dengan dua terwongan, yakni 1,5 kilometer. Dilengkapi dengan sistem ventilasi udara yang cukup baik. Ukurannya pun sangat besar.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Dubes RI: Santunan Korban Crane Makkah Tetap Akan Dibayar Saudi

Dubes RI: Santunan Korban Crane Makkah Tetap Akan Dibayar Saudi

Menag Ingatkan BPKH Harus Hati-hati Kelola Dana Haji

Menag Ingatkan BPKH Harus Hati-hati Kelola Dana Haji

KJRI Turunkan Tim Khusus, Jamaah Umroh yang Tertahan Sudah Diterbangkan

KJRI Turunkan Tim Khusus, Jamaah Umroh yang Tertahan Sudah Diterbangkan

Pengurusan Izin PPIU dan PIHK akan Disatupintukan di BKPM

Pengurusan Izin PPIU dan PIHK akan Disatupintukan di BKPM

Kami Datang dan Belajar

Kami Datang dan Belajar

Baca Juga

Berita Lainnya