13.800 Muslim China Laksanakan Ibadah Haji

Jumlah Muslim China yang melaksanakan ibadah haji terus meningkat dari tahun ke tahun

13.800 Muslim China Laksanakan Ibadah Haji
Umat muslim China yang pergi haji pada tahun sebelumnya.

Terkait

Hidayatullah.com–Asosiasi Muslim China menyatakan, sekitar 13.800 umat Muslim di negerinya tercatat melaksanakan ibadah haji pada 2012.

Wakil Ketua asosisasi Guo Chengzhen dalam pernyataannya yang diterima Antara di Beijing, Kamis (27/09/2012) menyebutkan, jumlah Muslim China yang melaksanakan ibadah haji terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Saat pertama kami menyelenggarakan haji pada 1989, hanya tercatat 1.000 calon haji,” ungkapnya.

Pada musim haji 2012 dengan jumlah calon jemaah haji sekitar 13.800 orang, pihaknya menyediakan 82 pesawat untuk para calon jemaah haji. Pesawat pertama telah membawa sekitar 300 orang calon jemaah haji China pada Selasa (25/9/2012).

“Kami juga menyertakan 52 dokter untuk mendampingi para calon jemaah haji, terutama yang berusia 62 tahun, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang menyangkut kesehatan para calon jemaah haji saat beribadah, khususnya serangan jantung,” ujar Guo.

Dari 13.800 calon jemaah haji China, 3.200 di antaranya berasal dari Uygur, Provinsi Xinjiang. Islam masuk ke China sekitar 1.300 tahun silam.

Muslim Indonesia di China

Berdasar catatan Kedutaan Besar RI untuk China merangkap Mongolia, jumlah calon jemaah haji Indonesia 2012 yang bermukim di China tercatat 40 orang, yakni delapan dari Beijing dan sekitar 31 dari Hong Kong.

Kepala Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Beijing merangkap Mongolia Yuni Suryati mengatakan, sebagian besar calon jemaah haji Indonesia di China memang berasal dari Hong Kong mengingat jumlah warga negara Indonesia lebih banyak di Hong Kong.

“Mereka memiliki koperasi sendiri untuk pelaksanaan ibadah haji,” kata Yuni Suryati.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !