Jamaah Haji 2012

Menag Suryadharma Ali Lepas Jamaah Haji Kloter Pertama

Pada musim haji kali ini Indonesia memberangkatkan 196.412 jamaah dari 12 embarkasi

Menag Suryadharma Ali Lepas Jamaah Haji Kloter Pertama

Terkait

Hidayatullah.com—Hari Jumat (21/09/2012), Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali melepas keberangkatan 455 jamaah calon haji provinsi Banten dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pelepasan secara simbolis ini menandai keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji 2012 secara nasional.

Dalam acara pelepasan ini, Suryadharma Ali didampingi Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Ketua Komisi VIII DPR Ida fauziah dan Dirjen Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu, melepas keberangkatan 905 jamaah ini di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta.

“Secara serentak jamaah calon haji kloter pertama diberangkatkan dari 11 titik embarkasi,” kata Suryadharma dikutip tempo.co, saat memberikan sambutan saat acara pelepasan tersebut. Titik-titik embakarsi itu antara lain Aceh, Medan, Batam, Padang, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Adapun jamaah calon haji di Banjarmasin diberangkatkan pada 25 September 2012.

Sementara itu, Anggito Abimanyu dalam sambutannya menjelaskan bahwa pada musim haji kali ini Indonesia memberangkatkan 196.412 jamaah dari 12 embarkasi yang terdiri dari 484 kloter. Pemberangkatan para jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci ini diperkirakan akan memakan waktu selama satu bulan.

“Ada 12 embarkasi di Indonesia pada tahun ini, Aceh, Medan, Batam, Padang, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, Banjaramsin, Balikpapapan, Makassar dan embarkasi terbaru Lombok. Semua kloter pertama akan berangkat hari ini kecuali Banjarmasin yang akan berangkat pada 25 September 2012,” terang Abimanyu di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (21/9/2012) dikutip detik.com.

Mengenakan seragam batik warna hijau seperti pada tahun lalu, wajah ratusan para tamu Allah itu berseri-seri tak sabar untuk segera tiba di Tanah Suci. Di antara mereka ada Yanti (45) yang telah menunggu bertahun-tahun untuk menunaikan rukun Islam kelima ini.
Kloter pertama ini merupakan jamaah berasal dari Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat. Rinciannya, 455 orang berasal dari Provinsi Banten dan 450 berasal dari Provinsi Jawa Barat. Mereka akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.

PT Garuda Indonesia memberangkatkan jamaah calon haji dari Banten, sedangkan Saudi Arabia Airlines memberangkatkan jamaah calon haji dari Jawa Barat. Mereka dijadwalkan berangkat pada pukul 10.00 WIB. Total jamaah calon haji yang diberangkatkan pada kloter pertama ini sebanyak 4.754.  Pemberangkatan jamaah haji dilakukan dalam 297 kloter dalam jangka waktu 21 September 2012 hingga 20 Oktober 2012.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !