Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Ekonomi Syariah

Bank Aceh Beralih Jadi Bank Syariah

Serambi Indonesia
Bagikan:

Hidayatullah.com–Hampir 100 persen nasabah Bank Aceh menyatakan setuju dan akan tetap setia apabila bank milik pemerintah daerah itu beralih dari konvensional ke syariah.

Direktur Syariah dan SDM pada Bank Aceh Haizir Sulaiman di Banda Aceh, Rabu (25/5/2016) menyatakan, hasil survei di 13 kabupaten dan kota di Aceh menunjukkan bahwa 97 persen masyarakat Aceh akan tetap menjadi nasabah Bank Aceh meskipun beralih ke bank syariah.

“Ini artinya masyarakat yang selama ini menjadi nasabah bank berplat merah ini akan tetap mempercayakan uangnya pada bank versi baru yang menggunakan prinsip keuangan syariah secara utuh,” katanya, dilansir Antara.

Respon positif ini juga mengemuka saat paparan Haizir Sulaiman pada acara Launching lembaga CENTRIEFP (Centre for Training & Research in Islamic Economics, Finance & Public Policy) dan seminar ekonomi dan keuangan syariah di UIN Ar Raniry, Banda Aceh, Senin (23/5/2016).

Seminar yang mengusung tema “Ke Arah Mana Konversi Bank Aceh Syariah” membahas dan berdiskusi tentang kesiapan Bank Aceh yang akan melakukan konversi menjadi bank syariah secara resmi pada Agustus 2016.

Arah Bank Aceh Syariah berdasarkan pada corporate plan atau perencanaan korporasi yang telah dirumuskan, di antaranya agar dapat menjadi solusi alternatif atas berbagai pandangan terhadap praktek ekonomi ribawi, terciptanya sistem keuangan syariah yang kuat dan handal, baik pada skala nasional dan regional.

“Yang tak kalah penting adalah konversi Bank Aceh ini diharapkan dapat memperkuat fundamental perekonomian daerah dan masyarakat, serta dalam upaya untuk penerapan syariah Islam secara utuh dan menyeluruh di Aceh,” papar Haizir Sulaiman.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Aceh, Ahmad Wijaya Putra menyatakan, sebagai lembaga regulator, OJK punya kepentingan untuk mengawal proses konversi Bank Aceh ini sesuai regulasi yang berlaku.

“Proses konversi ini diharapkan menjadi konversi yang istiqamah dan kaffah,” katanya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag: Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan untuk Produk Keuangan Syariah, Proyek Pemerintah Salah Satunya

Kemenag: Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan untuk Produk Keuangan Syariah, Proyek Pemerintah Salah Satunya

Indonesia Menuju Pusat Keuangan Syariah Dunia

Indonesia Menuju Pusat Keuangan Syariah Dunia

Gerakan Literasi Ekonomi Syariah Harus Sistematis-Berkelanjutan

Gerakan Literasi Ekonomi Syariah Harus Sistematis-Berkelanjutan

ppkm jokowi skala mikro

Pemerintah Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang Dukung Percepatan Pembangunan Nasional

Mardani: Pemerintah Harus Memperkuat Bank Muamalat

Mardani: Pemerintah Harus Memperkuat Bank Muamalat

Baca Juga

Berita Lainnya