Sabtu, 18 September 2021 / 10 Safar 1443 H

Berita dari Anda

Kondisi Kaum Muslim di Perkampungan Seko: Belum Tahu Cara Shalat, Minim Mushaf Qur’an

Syamsuddin
[Ilustrasi] Salah satu sudut desa di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel (18/06/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Seharian kemarin (Jumat, 18/06/2021) kami berkeliling ke beberapa desa di daerah Seko, sebuah kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kami mengunjungi masjid dan TPQ (Taman Pendidikan Qur’an). Juga bersilaturahim ke rumah-rumah keluarga muallaf kita di sana. Dan MasyaAllah, ternyata PR kita masih teramat banyak.

Sungguh, tidak sedikit saudara-saudara kita yang masih teramat ringkih aqidahnya. Belum tahu tata cara dan bacaan dalam shalat. Belum bisa mengeja huruf Al-Qur’an. Dan tidak ada yang intens mendampingi mereka untuk belajar.

Sementara itu, mereka tinggal di dusun-dusun yang sulit diakses. Di kampung-kampung yang Muslim adalah minoritas. Berbaur dalam muamalah tanpa sekat. Karena tidak sedikit rumah yang di dalamnya dihuni oleh beberapa orang dengan keyakinan keagamaan yang berbeda.

Saat kami berkunjung ke rumah-rumahnya, saya mendapati bahwa masih banyak di antara mereka yang mushaf pun tidak ada di rumahnya. Di masjid pun seperti itu, mushaf yang ada hanya mushaf-mushaf tua yang sebagian halamannya sudah sobek. “Sedih!”

Saat kami berbincang dari hati ke hati, mereka mengakui belum terbiasa shalat. Mereka masih butuh dibimbing. Sementara mencari celah waktu untuk bersilaturahim pun begitu sulit, karena hari-hari mereka lebih banyak dihabiskan di kebun.

Nah. Ini problem yang bagi kami harus diretas. Ingin dimulai dari hal-hal sederhana. Kemarin sudah mulai kita bagikan mushaf Qur’an, meski masih terbatas. “Masih butuh banyak,” demikian diharapkan.

Di momentum Idul Adha 1442H nanti, kami juga ingin kuatkan ikatan hati keluarga Muslim-Muallaf di sini lewat kegiatan qurban. Mensyiarkan ibadah qurban di masjid dan mushalla. Memastikan setiap keluarga bisa menikmati kebahagiaan qurban. Lewat program Dapur Qurban. Dengan memasak daging qurban bersama, lalu mencicipinya dalam kebersamaan.

“Teman-teman.. Yuk dukung dengan ber-Qurban melalui BMH Sulsel. Spesial price: hanya 1.500.000, untuk patungan Qurban 1/7 sapi (berkelompok). Atau teman-teman bisa juga membantu dengan mengirimkan mushaf dan Buku Iqro’. Donasi Mushaf Qur’an : Rp. 75.000,/mushaf. Atau Rp. 15.000 untuk pengadaan buku Iqra’. InsyaAllah nanti kita salurkan secara bersama, di momentum Idul Adha nanti.”* (Kiriman Syamsuddin/BMH Sulsel)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Baitul Maqdis Peace Camp (BMPC) 2018 Berakhir

Baitul Maqdis Peace Camp (BMPC) 2018 Berakhir

Salimah Ajak Jaga Persaudaraan & Ketaatan Usai Ramadhan

Salimah Ajak Jaga Persaudaraan & Ketaatan Usai Ramadhan

Relawan Bantu Selamatkan Warga Korban Banjir Konawe Utara

Relawan Bantu Selamatkan Warga Korban Banjir Konawe Utara

Ilmu Harus Antarkan Muslim Menuju Keyakinan, Bukan Lahirkan Keraguan

Ilmu Harus Antarkan Muslim Menuju Keyakinan, Bukan Lahirkan Keraguan

Sambut Tahun Baru Islam Dengan Qiyamul Lail

Sambut Tahun Baru Islam Dengan Qiyamul Lail

Baca Juga

Berita Lainnya