Jum'at, 17 September 2021 / 9 Safar 1443 H

Berita dari Anda

Ketua Kwarnas Berikan Apresiasi, Sekjen Lantik Mabi dan Pinsako Pramuka Hidayatullah

Bagikan:

Hidayatullah.com- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP, meresmikan dan melantik Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Satuan Komunitas (Sako) Gerakan Pramuka Hidayatullah tingkat nasional masa bakti 2019-2023. Bertempat di Aula Lt. 4 Gedung Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Sabtu (13/02/2021).

Acara peresmian dan pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 06 tahun 2021 tentang perubahan susunan Majelis Pembimbing (Mabi) Sako Pramuka Hidayatullah. Dan juga berdasarkan SK Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 07 tentang perubahan struktur Pimpinan Satuan Komunitas (Pinsako) Gerakan Pramuka Hidayatullah tingkat nasional Masa Bakti 2019-2023.

Semenjak ditetapkan oleh Ketua Kwarnas, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso (03/01/2021), peresmian dan pelantikan pengurus Mabi dan Pinsako Pramuka Hidayatullah baru bisa dilaksanakan pertengahan Februari 2020. Hal ini dikarenakan berbagai kendala teknis terutama berkaitan dengan masih mewabahnya Pandemi Covid-19.

Dalam sambutan tertulis Ka. Kwarnas, Sako merupakan himpunan dari gugus depan berbasis komunitas dan berbasis satuan pendidikan sebagai organisasi pendukung Gerakan Pramuka. Sehingga, Sako adalah bagian integral yang tak terpisahkan dari Gerakan Pramuka. Dan dalam setiap pelaksanaan kegiatannya, Sako harus selalu berkordinasi dengan Kwartir.

Ka. Kwarnas juga menyampaikan penghargaan kepada Sako Pramuka Hidayatullah yang aktif melakukan berbagai macam kegiatan pengabdian masyarakat. Di antaranya adalah dalam kegiatan kemanusiaan penanganan bencana alam di Indonesia.

“Saya ikut bangga dengan informasi yang saya terima, bahwa di banyak peristiwa bencana, Sako Pramuka Hidayatullah telah ikut mengirimkan relawannya dalam membantu di berbagai bidang,” sebut Ka Kwarnas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekjen Kwarnas.

Sementara itu, Ketua Mabi Sako Pramuka Hidayatullah Kak Dr Nashirul Haq, Lc. MA., mengatakan bahwa Sako Pramuka Hidayatullah merupakan wadah pembinaan siswa dan santri lembaga pendidikan Hidayatullah di seluruh Indonesia. Bertujuan untuk membentuk karakter disiplin, cerdas, dinamis, kreatif, dan berakhlaq mulia.

“Kami berharap, Sako Pramuka Hidayatullah mampu melahirkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas. Tidak hanya cakap dalam hal kemampuan skill tapi juga memiliki karakter yang kuat, menjadi pioner dalam kebaikan dan berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara Indonesia yang lebih bermartabat,” harapnya.

Senada dengan itu, Pimpinan Sako Pramuka Hidayatullah Kak Syarif Daryono, M.Pd menegaskan komitmennya bahwa Sako Pramuka Hidayatullah adalah kawah Candradimuka dalam mendidik siswa di lingkungan Hidayatullah agar memiliki kepekaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“Program Sako Pramuka Hidayatullah bertujuan untuk mendidik generasi muda yang mencintai dan membela negara. Pramuka ini sangat tepat bagi sekolah di bawah naungan lembaga Hidayatullah. Serta menjadi kawah Candradimuka yang mendidik dan membentuk karakter anak-anak yang mencintai negaranya,” ucapnya.

Peresmian dan pelantikan pengurus Mabi dan Pinsako Pramuka Hidayatullah ini merupakan rangkaian kegiatan Diklat Asesor Pendidikan Integral Berbasis Tauhid Nasional yang digelar oleh Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah (11-14/02/2021.* (Humas Sako Hidayatullah)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Mahasiwa RI Bantu WNI Korban Kebakaran di Malaysia

Mahasiwa RI Bantu WNI Korban Kebakaran di Malaysia

PPI Yaman adakan Seminar Tentang Peran Tasawuf Hadhramaut

PPI Yaman adakan Seminar Tentang Peran Tasawuf Hadhramaut

STIS Hidayatullah Tugaskan 42 Dai Muda Terjun di Daerah

STIS Hidayatullah Tugaskan 42 Dai Muda Terjun di Daerah

Laznas BMH Salurkan Bantuan untuk Warga Luar Batang

Laznas BMH Salurkan Bantuan untuk Warga Luar Batang

Yusuf Mansur Muliakan Kiai dan Alumni Gontor

Yusuf Mansur Muliakan Kiai dan Alumni Gontor

Baca Juga

Berita Lainnya