Dompet Dakwah Media

Wisuda Al-Azhar 2020: Jadikan Islam Wasathiyah untuk Membangun Indonesia

Ada sebanyak 233 mahasiswa Indonesia yang lulus dari Universitas Al-Azhar dan hanya 170 lulusan Al-Azhar yang mengikuti wisuda PPMI Mesir tahun ini

Wisuda Al-Azhar 2020: Jadikan Islam Wasathiyah untuk Membangun Indonesia
Gelar wisuda dan apresiasi prestasi lulusan Universitas Al-Azhar di Komplek Gedung KBRI Kairo

Terkait

Hidayatullah.com–Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Mesir bekerja  sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir adakan wisuda dan apresiasi prestasi lulusan  Universitas Al-Azhar. Acara diselenggarakan hari Selasa, 27 oktober 2020 pada pukul 18:00 di Komplek Gedung KBRI Kairo.

Ketua Panitia Wisuda, Abdul Aziz, mahasiswa asal Kalimantan  menyebutkan bahwa  acara wisuda ini diadakan berkat kerja sama PPMI Mesir dan pihak KBRI Kairo.   “Wisuda  ini biasanya diadakan di Gedung Al-Azhar Conferensi Center (ACC), namun karena adanya wabah Covid-19 kita adakan di Gedung KBRI Kairo dengan mengikuti protokol kesehatan Covid 19. Biasa kita buka untuk masiswa asing dari berbagai negara juga, namun tahun ini kita khususkan untuk mahasiswa Indonesia saja pesertanya, ”ujarnya.

Abdul aziz menyebutkan bahwa pada tahun ini ada sebanyak 233 mahasiswa Indonesia yang lulus dari Universitas Al-Azhar dan hanya 170 lulusan Al-Azhar yang mengikuti wisuda PPMI Mesir tahun ini. Selain mewisuda, dalam acara tersebut juga memberikan apresiasi  untuk mahasiwa lulusan terbaik dan berprestasi berupa uang tunai dan 4 buah laptop dari pihak KBRI.

Hadir dalam acara tersebut adalah para pejabat KBRI Kairo. Dalam sambutanya, Kepala Perwakilan RI di Kairo, Drs. M. Aji Surya mengatakan bahwa setelah selesai menimba ilmu dan hikmah  di Universitas Al-Azhar Mesir kini para wisudawan dan wisudawati  menjadi Duta Azhar dan Duta Islam Washaty yang siap menyebarkan dan mewarnai duni dengan keindahan, cinta dan damai.

“Mahasiswa dan alumni Al-Azhar adalah  adalah amunisi dahsyat untuk persatuan dan kesatuan Indonesia.  Sekarang ada sekitar 8000 mahasiswa Indonesia di Al-Azhar yang unggul baik secara kualitas maupun kuantitas. Seringkali yang sedikit dan berkualitas itu mengalahkan yang banyak, nah ini sudah banyak berkualitas lagi, bisa Anda banyangkan betapa ini adalah aset yang luar biasa?,” demikian pesan Aji Surya.

Ia juga berharap agar para alumni dan lulusan Al Azhar menyebarkan Islam washatiyyah yang telah diajarkan Al-Azhar, dengan menghargai dan menegakan kebinekaan.  “Jadilah perekat umat, bersikaplah yang adaptif terhadap perubahan yang makin cepat dan jadilah pembelajar sepanjang hayat, jangan gampang puas dengan prestasi yang telah di torehkan termasuk kalian juga perlu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, kepulangan jangan semata kerinduan, karena Indonesia butuh sumbangsih Anda yang berpengetahuan, “ tambahnya.

Menurutnya, Indonesia mungkin amat risau menunggu kepulangan lulusan Al-Azhar yang sedang belajar. “Pulanglah dengan membawa bekal ilmu dan kita jadikan Indonesia bangsa yang agung,” ujarnya.

Selain sambutan  dari Kepala Perwakilan  RI di Kairo, turut memberikan sambutan juga Ketua Organisasi Internasinal  Alumni Al-Azhar (OIAA) Indonesia, Tuan Guru Bajang  Dr. Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid  Sa’adi melului  video.

Acara berlangsung hikmat dan lancar hingga selesai pukul 20:18 dan di tutup dengan pembacaan Ikrar JanJi Wisudawan dan Wisudawati   serta doa.  Acara wisuda  ini juga ditayangkan secara live di channel YouTube PPMI Mesir  dan sudah disaksikan sebanyak 2.500 lebih penonton.*/Athar Husain

Rep: Insan Kamil

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !