Ahad, 14 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Berita dari Anda

Persiapan Kampung Inggris Pare Dibuka Lagi, FKB Bagikan Masker dan Face Shield Gratis

Bagikan:

Hidayatullah.com- Upaya menjaga Kampung Inggris agar tetap aman selama pandemi Covid-19 terus digalakkan. Salah satunya seperti yang dilakukan Agus Tri Winarso, Pengurus Forum Kampung Bahasa (FKB), yang menginisiasi gerakan bagi-bagi masker dan face shield gratis.

Tepatnya pada Selasa (28/07/2020), Forum Kampung Bahasa secara langsung menyerahkan masker dan face shield gratis kepada sejumlah PKL di area Kampung Inggris.

Pandemi Covid-19 telah menjadi perhatian utama pemerintah sejak empat bulan terakhir. Beragam upaya sudah dilakukan, mulai dari anjuran karantina mandiri, penerapan sistem kerja dari rumah, penggunaan masker setiap hari, dan kebijakan lainnya.

Melihat situasi ini, Forum Kampung Bahasa bersikap kooperatif dalam mendukung program pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus dapat dihentikan.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membagikan masker dan face shield secara gratis kepada para PKL pada Selasa (28/07/2020). Kegiatan bagi-bagi masker dan face shield gratis dipilih karena mudah dilakukan, efektif, dan tepat sasaran.
Para pedagang yang tersebar di banyak area di Kampung Inggris ini memang harus diberikan perhatian lebih agar dapat memahami protokol kesehatan pemerintah.

Nafis salah satu Anggota FKB yang lain menjelaskan, “Selama ini, kami telah menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, untuk memastikan bahwa Kampung Inggris sudah siap beroperasi kembali, kami juga harus pastikan seluruh masyarakat paham protokol kesehatan yang berlaku.”

Niat Forum Kampung Bahasa pun disambut baik oleh masyarakat. Mardi, Pembina dan Penasihat Paguyuban Pedagang Kampung Inggris, memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini.

“Saya rasa ini sangat positif, ya. Dalam rangka menyambut adaptasi kebiasaan baru, perlu dilakukan berbagai penyesuaian. Penting bagi teman-teman pedagang untuk mendapatkan penyuluhan tentang bagaimana cara menerapkan penyesuaian sesuai protokol kesehatan secara benar.”

Tanggapan Mardi juga turut diamini oleh salah seorang pedagang. Endang, penjual es di kawasan Kampung Inggris, mengaku antusias.

“Alhamdulillah banget ada kegiatan seperti ini. Kami jadi lebih siap menghadapi pandemi ini dengan patuh terhadap protokol kesehatan yang diterapkan.”

Mr. Adi Ketua Forum Kampung Bahasa mengungkapkan bahwa kegiatan ini sesuai dengan misi Forum Kampung Bahasa. Tidak sekadar bagi-bagi saja, tetapi FKB juga ingin menciptakan ruang interaksi untuk mengedukasi PKL.

“Sebenarnya, orang-orang sudah paham soal aturan memakai masker, cuma butuh diedukasi secara lebih saja. Makanya, tugas kita untuk mengedukasi mereka supaya paham apa esensi dari penggunaan masker tersebut,” sebut Adi.

Lebih lanjut lagi, Adi menyampaikan, “Saya paham mereka (pada pedagang, red) sangat berharap Kampung Inggris segera dibuka lagi. Oleh karena itu, saya berusaha melakukan segala hal yang bisa saya lakukan untuk tetap menjaga Kampung Inggris selalu aman, kondusif, patuh terhadap protokol kesehatan, dan siap menyambut adaptasi kebiasaan baru.”* Kiriman Lutfi S Hidayat

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

UIN Ar-Raniry Ajak Cendekiawan Muslim ASEAN Bersatu

UIN Ar-Raniry Ajak Cendekiawan Muslim ASEAN Bersatu

Malam Amal Gerakan Bireuen Peduli Palestina di Aceh

Malam Amal Gerakan Bireuen Peduli Palestina di Aceh

BMH Bagikan Bantuan Biaya Pendidikan 1000 Anak Dhuafa Surabaya

BMH Bagikan Bantuan Biaya Pendidikan 1000 Anak Dhuafa Surabaya

Hari Kemerdekaan Qatar, Anak Yatim Binaan Salimah Ukir Prestasi

Hari Kemerdekaan Qatar, Anak Yatim Binaan Salimah Ukir Prestasi

Masyarakat Peringati Sejarah Hubungan Kesulatan Aceh – Turki Usmani

Masyarakat Peringati Sejarah Hubungan Kesulatan Aceh – Turki Usmani

Baca Juga

Berita Lainnya