Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Pimpinan DPR Aceh Beri Hibah Becak Serbaguna ke Rumah Baca

Istimewa
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menerima hibah becak serbaguna dari Wakil Ketua DPR Aceh periode 2014-2019, T Irwan Djohan yang disalurkan Dinas Sosial Aceh pada Selasa (17/09/2019) sore.

Seremonial serah terimanya dilaksanakan di halaman gudang logistik penanggulangan bencana Dinas Sosial Aceh di Gampong Labuy, Kecamatan Biatussalam, Aceh Besar.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan sosial (PMKS) Dinsos Aceh, unsur dari Dinsos Kota Banda Aceh, juga T Irwan Djohan serta para penerima yang terdiri dari perangkat desa dan organisasi sosial (orsos).

Ketua PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya menuturkan, dirinya hadir didampingi Ketua TBM (taman bacaan masyarakat) RUMAN Aceh, Fadillah Islami serta seorang relawan.

“Kami sangat senang menerima becak serbaguna yang telah lama kami harapkan. Dengan adanya sarana transportasi itu, gerak kami akan semakin mudah dan lebih leluasa menjangkau daerah lain, insya Allah,” ujar Rizky tersenyum.

Sementara itu, Ketua TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami mengungkapkan, kehadiran becak serbaguna tersebut sangat membantunya dan relawan pustaka dalam membuka akses bahan bacaan ke daerah yang belum tersentuh karena ketiadaan sarana transportasi.

“Selama hampir 6 tahun, setiap pagi hari Minggu, kami menyewa becak untuk mengangkut ratusan bacaan dan perlengkapan lainnya ke Blang Padang dalam kegiatan wisata buku gratis MIBARA (minggu baca rame-rame),” ungkap Fadil yang tahun 2017 lalu mewakili provinsi Aceh dalam event nasional yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Bengkulu.

Selain untuk MIBARA, imbuh Fadil selanjutnya, adanya becak serbaguna itu akan membantu pihaknya dalam membuka akses bacaan gratis hingga ke daerah yang berjauhan dari basecamp RUMAN Aceh di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Sedangkan T Irwan Djohan, dalam sambutannya mengatakan, becak serbaguna tersebut bukanlah bantuan pribadi darinya. Melainkan, uang rakyat yang berasal dari pajak yang dikumpulkan oleh pemerintah, kemudian oleh pemerintah menyalurkan kembali kepada rakyat.

“Maka atas dasar itu, saya mencoba mengalokasikan anggaran pada APBA 2019 bekerja sama dengan Dinas Sosial Aceh, dan Alhamdulillah sudah dapat diterima oleh masayarakat,” katanya.

Sebagai informasi, T Irwan Djohan juga pernah ikut serta dalam kegiatan “Sampul 1000 Buku” yang digelar di basecamp lama RUMAN Aceh.

Bersama relawan lainnya, Teuku Irwan duduk melantai sembari menyampul buku yang diterima RUMAN Aceh dari berbagai pihak, di dalam dan luar Aceh.* Kiriman Ahmad Arif/Pendiri PKBM RUMAN Aceh

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Dewan Da’wah Aceh Dirikan Akademi Da’wah Indonesia (ADI)

Dewan Da’wah Aceh Dirikan Akademi Da’wah Indonesia (ADI)

Ketum Baznas: Ulama Harus Berperan Sudahi Pertikaian Umat

Ketum Baznas: Ulama Harus Berperan Sudahi Pertikaian Umat

Pemimpin Harus Visioner seperti Rasulullah

Pemimpin Harus Visioner seperti Rasulullah

Pemuda Harus Terjun di Dunia Usaha

Pemuda Harus Terjun di Dunia Usaha

Belajar di Kota Nabi Madinah, sebagai Nikmat sekaligus Amanah

Belajar di Kota Nabi Madinah, sebagai Nikmat sekaligus Amanah

Baca Juga

Berita Lainnya