Cerita Anggota DPRD Surabaya Mengadang ‘Pelegalan’ Miras

"Dengan kita menjadi aktor politik, bermodalkan tanda tangan, lantang berbicara di segala situasi akan menyelamatkan ratusan bahkan jutaan orang yang ingin diselamati."

Cerita Anggota DPRD Surabaya Mengadang ‘Pelegalan’ Miras
Dhani El-Muchardy

Terkait

Hidayatullah.com– Sebagai representasi masyarakat, Anggota DPRD Kota Surabaya Fraksi PKS Achmad Zakaria melakukan penjaringan aspirasi masyarakat di Aula Rahmat Rahman Ponpes Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/04/2019).

Sambutan sang ustadz Abdul Kholiq mewakili pengurus Ponpes Hidayatullah Surabaya menyampaikan apresiasinya atas bentuk peduli anggotan dewan yang telah berbagi informasi edukasi politik.

“Sangat penting bagi kita untuk mengetahui dinamika politik nasional maupun berbasis kedaerahan. Dan acara ini merupakan bentuk edukasi aktor politik kepada masyarakat yang wajib kita ikuti bersama-sama,” tutur pria yang juga dosen STAIL Surabaya itu.

Acara yang di moderatori oleh Indra Rauf (Ketua PD Hidayatullah Surabaya) ini, dihadiri oleh berbagai kalangan. Baik dari mahasiswa, civitas akademik kampus STAI luqman Al-Hakim dan juga BPH Yayasan Ponpes Hidayatullah Surabaya.

Achmad Zakaria dalam pemaparannya menguraikan tiga tugas pokok anggota legislatif, yaitu sebagai fungsi pembuat undang-undang, perancang anggaran daerah, dan sebagai fungsi pengawasan.

“Jadi fungsi utama kami sebagai anggota legislatif ada tiga, yaitu sebagai produk UU, membuat anggaran untuk belanja daerah, dan pengawasan untuk di tingkat daerah adalah wali kota,” papar anggota DPRD Kota Surabaya yang berada di Komisi B bidang ekonomi ini.

Sebagai anggota dewan, lanjutnya lagi, bisa membuat kebijakan yang bermuara kepada kemaslahatan rakyat. Ambil contoh, tuturnya, penetapan undang-undang pelegalan penjualan miras di supermarket yang bisa saja ditolak melalui rapat parlemen di ruang sidang.

“Saya pernah menolak bahkan walk out di rapat parlemen terkait pelegalan penjualan miras di supermarket yang ada di Surabaya. Oleh sebab saya kalah voting di sidang itu, akhirnya saya sinergi dengan para ormas Islam untuk melakukan demonstrasi di Gedung DPRD. Dan Alhamdulillah, pelegalan itu dicabut kembali,” ceritanya.

Dalam penutupannya, Achmad Zakaria memberi spirit, agar supaya menyelamatkan jutaan orang kita harus terjun ke dunia politik.

“Dengan kita menjadi aktor politik, bermodalkan tanda tangan, lantang berbicara di segala situasi akan menyelamatkan ratusan bahkan jutaan orang yang ingin diselamati,” tutupnya.

Dengan maksud menjaring aspirasi masyarakat, acara ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber.* Kiriman Dhani El-Muchardy/Mahasiswa STAI Luqman Al-Hakim Surabaya

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !