Pengusaha Muslimah harus Kuasai Dasar Public Speaking

"Kita juga harus tahu kenapa kita memilih produk tersebut untuk kita kembangkan, apa kelebihannya produk kita."

Pengusaha Muslimah harus Kuasai Dasar Public Speaking
Dina

Terkait

Hidayatullah.com– Berawal dari keluhan beberapa anggota UMKM yang tergabung dalam wadah WPMI, mereka mengeluhkan tidak bisa berbicara lancar jika diminta presentasi produk, tidak ada kesesuaian branding dengan produk.

Hal itu menjadi poin utama Departemen Humas DPD WPMI JABAR, menginisisasi agar diselenggarakan Workshop Public Speaking.

Yang menjadi pembicara dalam kesempatan itu, Pakar Public Speaking yang memahami adab dalam Islam, Iman Herdimansyah Master Trainer ESQ 165.

Peserta yang didominasi kaum hawa itu terlihat antusiasmenya dari awal acara yang diniatkan untuk menuntut ilmu, terlebih ketika sapaan coach Iman yang sangat bersahabat.

“Bagaimana kabarnya ibu-ibu hebat pengusaha Muslimah? Saya yakin kalau ibu-ibu semua di sini karena ingin menimba ilmu agar usahanya bisa semakin sukses dan berkah seperti ibunda kita, Khadijah istri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,” sapaan yang dilakukan Iman termasuk metode matching, yaitu salah satu strategi dalam public speaking.

“Alhamdulillah materi yang disampaikan oleh Coach Iman sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM,” ujar Ria dari Bekasi salah satu peserta workshop.

Baca: UMKM didorong Tingkatkan Brand, Kuatkan Ekonomi Umat

Strategi dasar public speaking yang harus kita kuasai, menyamakan persepsi dengan lawan bicara, Mirroring, melengkapi, Pashing/memuliakan lawan bicara, Leading/baru bisa langsung menuju sasaran / ungkapan secara elegan maksud tujuan, imbuhnya.

Dalam pemaparan materinya Iman bertanya kepada seluruh peserta, “Alasan apa yang paling kuat kenapa kita menjadi pengusaha Muslimah?”.

“Sangat diperlukan alasan spiritual yang lebih kuat. Kita juga harus tahu kenapa kita memilih produk tersebut untuk kita kembangkan, apa kelebihannya produk kita”.

Peserta yang hadir tampak terdiam dan merenungi pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan oleh sang narasumber.

Menyadari banyaknya para pegiat UMKM yang putus asa ketika usaha yang baru dirintisnya menemukan masalah, Iman berpesan kepada seluruh peserta, “Jika sedang terpuruk, hadirkan kembali masa-masa paling bahagia dalam kehidupan kita, hidupkan kembali dalam kenyataan yang sedang kita hadapi.”

Workshop yang dimulai sejak pukul 08.00-12.00 WIB dan diakhiri dengan shalat zuhur dan makan siang bersama.* Kiriman Dina

Rep: Admin Hidcom

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !