Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Mahasiswa Kaltim Rihlah Sambil Berbahasa Arab

Bagikan:

Hidayatullah.com– Belajar bahasa asing tidak melulu harus di dalam ruang kelas secara formal. Di lain waktu, belajar bahasa bisa dilakukan sambil santai, tanpa menggunakan buku atau hafalan. Bahasa asing juga dapat dipelajari sambil menikmati pemandangan indah di luar ruangan (out door).

Demikian ditempuh puluhan mahasiswa Pendidikan Ulama Zuama (PUZ) Hidayatullah Balikpapan. Dengan kegiatan Rihlah Lughawiyah (Wisata Bahasa Arab), awal Februari 2019, seluruh mahasiswa tetap wajib menggunakan Bahasa Arab di setiap waktu perjalanan mereka.

Diakui Muhammad Dinul Haq, Direktur PUZ, selain hafalan al-Qur’an, Bahasa Arab aktif di kalangan mahasiswa adalah branding keunggulan PUZ. Bahwa dimanapun, seluruh mahasiswa tetap wajib memakai Bahasa Arab dalam percakapan keseharian mereka.

“Bedanya, disiplin berbahasa Arab PUZ lahir dari kesadaran diri sendiri. Bukan karena paksaan atau takut hukuman semata. Ini yang jadi kekhasan mahasiswa PUZ dibanding lainnya” ucap lulusan Bahasa Arab Islamic University of Madinah (IUM) menerangkan.

Dalam Rihlah Lughawiyah, mahasiswa PUZ bersilaturahim ke beberapa sekolah Islam dan pondok pesantren di Kota Samarinda dan Bontang, Kalimantan Timur.

Rangkaian itu diisi dengan berbagi pengalaman menuntut ilmu para pengajar PUZ yang yang diwakili Muzhirul Haq. Atas izin Allah, Muzhir pernah berkelana kuliah hingga ke negeri Yaman dan Turki di Benua Asia-Eropa.

“Alhamdulillah, banyak manfaat yang didapat dari silaturahim dan rihlah, yang menggembirakan karena mahasiswa tidak lagi menjadikan pelajaran Bahasa Arab sebagai beban layaknya yang lain,” terang Dinul semangat. “Respons santri-santri sekolah yang dikunjungi juga sangat antusias mendengar rihlah ilmiah pengajar PUZ. MasyaAllah,” tambahnya.

Untuk diketahui, PUZ merupakan program perkuliahan berbasis pesantren khusus mencetak lulusan sarjana berkapasitas ulama dan berjiwa pemimpin. PUZ adalah program unggulan dari Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah yang kampusnya terletak di sebelah timur Balikpapan. Selain Bahasa Arab, PUZ juga fokus kepada peningkatan kualitas hafalan al-Qur’an yang ditandai dengan mendatangkan para pengajar yang mutqin (professional) dengan legalisasi sanad hafalan.* Masykur

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

LDK FUSI Universitas Islam Jakarta Adakan Seminar Muslimah Nasional

LDK FUSI Universitas Islam Jakarta Adakan Seminar Muslimah Nasional

LDK Al Ihsan Fakultas Pertanian Unsyiah Adakan Kelas Astronomi

LDK Al Ihsan Fakultas Pertanian Unsyiah Adakan Kelas Astronomi

National Leadership Camp 2014 bahas  Idealisme Pemimpin Muda

National Leadership Camp 2014 bahas Idealisme Pemimpin Muda

MA Ibnul Qoyyim Putri Juara Umum Ajang Scout Skill Competition

MA Ibnul Qoyyim Putri Juara Umum Ajang Scout Skill Competition

KAMMI Desak Pemerintah Serius Tangani Bencana Kabut Nasional

KAMMI Desak Pemerintah Serius Tangani Bencana Kabut Nasional

Baca Juga

Berita Lainnya