Mahasiswa Jakarta Raih Predikat Mumtaz saat Sidang Doktor di Saudi

Herika sukses melewati sidang doktoral dengan judul penelitian, perencanaan model TOD (Transit Triented Development) pada stasiun – stasiun kereta api secara terintegrasi...

Mahasiswa Jakarta Raih Predikat Mumtaz saat Sidang Doktor di Saudi
istimewa
Herika Muhamad Taki, mahasiswa Indonesia asal Jakarta berhasil meraih predikat “Mumtaz atau excellent dalam bidang Urban Transportation", bertempat di Fakultas Environmental Design, Departemen Urban and Regional Planning, Ahad (13/01/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Awal tahun baru 2019 ini, di negeri awal mulanya Islam berasal dimana di wilayah tersebut terdapat dua kota suci Haramain yaitu Arab Saudi, kembali dihadirkan berita yang membanggakan dan mengharumkan nama besar bangsa Indonesia di luar negeri.

Tepat hari Ahad (13/01/2019), bertempat di Fakultas Environmental Design, Departemen Urban and Regional Planning, berlangsung sidang disertasi PhD saudara Herika Muhamad Taki, mahasiswa Indonesia asal Jakarta yang berhasil meraih predikat “Mumtaz atau excellent dalam bidang Urban Transportation.

Demikian dikatakan oleh Satria Antoni Syamsudin, salah satu mahasiswa Indonesia yang turut hadir pada sidang tersebut.

Herika sukses melewati sidang doktoral dengan judul penelitian, perencanaan model TOD (Transit Triented Development) pada stasiun – stasiun kereta api secara terintegrasi untuk melengkapi perencanaan transportasi di wilayah Jabodetabek.

Baca: 2 Santri Hafizhah Raih Emas-Perunggu Kejuaraan Pencak Silat Nasional

Adapun dewan penguji terdiri dari penguji internal Prof. Jamal Abdulmohsen Eid Abdulaal dari King Abdulaziz University dan penguji eksternal Prof. Mohammed Fekry Mahmoud dari Effat University, menyatakan puas dengan hasil pengujiannya.

Dalam sidang tersebut, Herika didampingi pembimbing akademiknya yaitu Dr. Mohamed Mahmoud H. Maatouk yang berasal dari negara Mesir.

Sidang yang dimulai pukul 13.00 siang waktu setempat dihadiri oleh para rekan sejawat mahasiswa KAU dan beberapa kolega dari negara lain. Herika merupakan lulusan pertama PhD dalam departemen dan fakultasnya.

Hal ini menambah kebahagiaan seluruh sivitas akademika departemen Urban and Regional Planning. Kegembiraan ini dituangkan dalam perayaan setelah sidang dengan pengambilan dokumentasi bersama dan acara makan bersama antara semua dosen dan mahasiswa.

Dalam sidang tersebut, Dekan URP, Dr Emad Qurnfullah memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Herika Muhamad Taki karena telah berhasil mempertahankan apa yang telah ditulis dalam disertasinya.

“Saya mengenal baik Herika Muhamad Taki melalui kesungguhannya dalam melakukan penelitian serta sikap yang baik kepada semua sivitas academika Departement.

Saya berharap semoga Herika bisa bergabung bersama kami untuk menjadi peneliti melalui program Postdoctoral yang kami tawarkan karena kami membutuhkan pemikiran dan penelitiannya untuk pengembangan urban transportation di Arab Saudi khususnya di Jeddah,’’ begitu komentar Dr. Emad Qurnfullah sebelum acara ini selesai.

Baca: Dua Santri SD Hidayatullah Raih Juara Sains dan Matematika Internasional

Hal senada juga diutarakan dekan fakultas Environmental Design yaitu Dr. Mohammad Umair Aljoufie.

Selepas sidang, rekan mahasiswa, dosen, dan seluruh hadirin menyampaikan selamat atas hasil yang telah diraih. Ketua PPMI Jeddah Andi Azwar menyampaikan harapannya semoga ilmunya bermanfaat untuk bangsa dan negara serta dunia.

Abstrak

Pertumbuhan populasi yang besar sebagian berdampak pada dimensi spasial. Pendapat bahwa efek negatif dari urbanisasi adalah pertumbuhan populasi dan kepadatan di kota-kota di negara-negara berkembang.

Dalam hal, ini memiliki dampak signifikan pada masalah transportasi perkotaan dan mengacu pada konsep perencanaan yang menjanjikan, yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu konsep yang dipertimbangkan dalam perencanaan kota adalah Transit Oriented Development (TOD). TOD menyatukan dua aspek utama, mencakup penggunaan lahan dan transportasi dalam satu sistem terintegrasi, dimana konsepnya adalah untuk memastikan pembangunan yang lebih berkelanjutan di Wilayah Metropolitan Jakarta (JMR).

Tujuan utama dari disertasi ini adalah untuk mengembangkan Transit Oriented Development berdasarkan model spasial untuk memandu perencanaan transportasi JMR menuju sistem angkutan umum terintegrasi.

Baca: Dua Wakil Indonesia Raih Juara MTQ Internasional di Mesir

Metode penelitian ini mulai dari membangun konsep, pengukuran dan penerapan TOD dari tinjauan literatur, mengevaluasi TOD aktual dengan indeks menggunakan pembobotan AHP dan teknik GIS, merencanakan TOD potensial menggunakan kesesuaian lahan dan analisis statistik spasial, dan mempromosikan TOD terintegrasi untuk memandu perencanaan transportasi JMR berdasarkan model spasial.

Studi ini memberikan jalan yang mudah dari teori ke praktis dengan studi kasus JMR. Selain itu, studi ini dapat membantu perencanaan kota dan lembaga pembangunan lokal untuk perencanaan wilayah dalam bentuk yang ringkas dan berkelanjutan.* Imam (Jakarta)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !