Jum'at, 12 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Berita dari Anda

Warung Sedekah Keliling ala Emak-emak Balikpapan

Baba Fahiem
Peluncuran Warung Sedekah Keliling di SMPI Luqman Al Hakim, Karang Bugis, Balikpapan, Kaltim, Jumat (26/10/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Warung sedekah kuliner hadir di Kota Beriman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Baru-baru ini dilakukan peluncurannya.

Launching perdana ini berkat taqdir Allah Subhanahu Wa’tala, yang memang memberikan jalan terbaik untuk hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha menjadi lebih baik dan berbagi kebaikan untuk orang lain.

Terobosan positif dalam beramal shaleh ini berawal dari sebuah status WhatsApp salah seorang wali murid di SMPI Luqman Al Hakim Balikpapan.

In sya Allah warung sedekah keliling akan hadir di Balikapapan,” tulis Bu Hayatun Nufus beberapa hari lalu di medsosnya.

“Start di (SMP) Luqman kah, Bu,” komentar saya singkat dengan penuh harap.

“Wahh, bisa juga itu, Ustadz. Jadi Jumat anak-anak enggak usah sarapan (dulu) ya, Ustadz. Biar saya perdananya ngetem di Luqman dulu,” balas ibu yang juga tinggal di kawasan Sepinggan ini.

“Alhamdulillah,” jawabku membalas pesan singkat ibu yang memang jago masak tersebut.

Tepat hari Jumat (26/10/2018), Bu Haya meluncurkan secara perdana program yang diberi nama “Warung Sedekah Keliling” di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Kampus Karang Bugis. Para aktivisnya adalah emak-emak.

“Awalnya kami setiap Jumat memberikan sedekah nasi bungkus bagi penyapu jalan, Ustadz. Kemudian terbersit di hati, bagaimana ya kalau sekiranya saya punya warung yang setiap Jumat berbagi dan bisa menggratiskan untuk siapa saja,” cerita ibu beranak empat lelaki shaleh ini.

“Alhamdulillah hari ini bisa berbagi perdana di Pondok Pesantren Hidayatullah. Kami cuma mengubah konsepnya aja, dengan sedikit berbeda. In sya Allah sementara waktu memakai mobil dulu, Ustadz.

Doakan yaa, Ustadz, agar punya warung sendiri,” sebut bunda dari ananda Ahmad Rizki Mahardika yang duduk di kelas VIII SMPI Luqman Al Hakim.

Layanan sedekah kuliner gratis itu pun disambut para santri dengan gembira ria.

“Nasinya enak banget, Ustadz,” kata Kamal bintang kelas VII di SMPI Luqman Al Hakim Balikpapan ini. “Sedap sekali,” sahut Fajri yang duduk berdekatan dengan Kamal.

Tampak dalam spanduk yang dipasang disebutkan bahwa Warung Sedekah Keliling buka setiap hari Jumat, pukul 7 sampai 9 pagi.

“Silahkan mampir, gratis untuk umum, cukup bayar dengan doa,” demikian tertulis.

Semoga cita-cita mulia Bu Haya dapat terealisasikan dan mampu memudahkan orang lain terkhusus yang sangat membutuhkan.

Kota Balikpapan yang dikenal dengan kota ramah dan nyaman semoga menambah keharmonisan kota ini dengan tersebarnya emak-emak yang rajin memasak untuk disedekahkan. Aamiin.* Baba Fahiem

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Hampir Sebulan, Puncak Roadshow Hapus Tato IMS di Lombok Utara

Hampir Sebulan, Puncak Roadshow Hapus Tato IMS di Lombok Utara

Nativisasi dan Pengaburan Nilai-Nilai Islam

Nativisasi dan Pengaburan Nilai-Nilai Islam

Untuk Mengalahkan Yahudi,  Kenalilah Tabiatnya

Untuk Mengalahkan Yahudi, Kenalilah Tabiatnya

Mahasiswa Jakarta Raih Predikat Mumtaz saat Sidang Doktor di Saudi

Mahasiswa Jakarta Raih Predikat Mumtaz saat Sidang Doktor di Saudi

Sekolah Pemikiran Islam ITJ Kini Hadir di Bandung

Sekolah Pemikiran Islam ITJ Kini Hadir di Bandung

Baca Juga

Berita Lainnya