4.000 Umat Islam Aksi Bela Tauhid di Balikpapan

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang mengenakan topi putih bertuliskan kalimat tauhid ikut mengutuk pembakaran bendera tauhid di Garut.

4.000 Umat Islam Aksi Bela Tauhid di Balikpapan
Imam M
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (pegang mikrofon) berorasi pada Aksi Bela Tauhid di depan Kantor Wali Kota, Jl Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kaltim, Sabtu (28/10/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Sedikitnya empat ribu kaum Muslimin Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, berkumpul dan memadati Terminal Damai hingga halaman Bank Bukopin untuk menggelar Aksi Bela Tauhid, Sabtu (27/10/2018).

Mereka melakukan longmarch dari Terminal Damai (terminal khusus angkutan dalam kota) menuju Kantor Wali Kota di Jl Jenderal Sudirman.

Terhimpun dari beberapa ormas Islam, lewat aksi damai ini massa menyampaikan aspirasi kepada umara, khususnya Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, terkait persoalan terkini khususnya pembakaran bendera berkalimat tauhid di Garut, Jawa Barat.

Baca: Aksi Bela Tauhid di Lombok: 6.000 Massa, Longmarch 2 Km

Seperti yang dituturkan korlap, El Katiri. “Kalau (pelaku pembaran) tidak diadili, maka kami akan menurunkan umat yang lebih banyak lagi,” tegasnya.

Tidak mau ketinggalan, perwakilan Syabab (Pemuda) Hidayatullah, M Nasir, meneriakkan berkali-kali takbir dalam orasinya.

Dia menuturkan, “Sungguh para Rasul terdahulu diutus untuk menegakkan tauhid,” tuturnya, mereka capek-capek gelar aksi demi kalimat tauhid.

Baca: “Kalimat Tauhid Milik Seluruh Umat Islam”

Sepanjang longmarch pun silih berganti berorasi perwakilan ormas Islam untuk menyuarakan keadilan.

Mulai dari MUI, PKS, GNPF, FPI, dan Hidayatullah berbaur menyatu menyatakan satu kalimat yang sama, membela dan mengutuk pembakar bendera tauhid.

Sempat sedikit ada ketidaksepakatan antara unsur muspida dengan massa. Dan itu sempat terjadi cukup lama, kisaran 10 menit. Namun pada akhirnya Habib Umar turun dari panggung massa dan mengiyakan ajakan Wali Kota untuk ke panggung yang disedikan pihak pemerintah.

Dalam orasinya, Habib Umar membacakan sikap resmi MUI Pusat tentang pembakaran bendera di Garut dan harapan umat tentang penghormatan terhadap bendera tauhid ini.

Baca: Aksi Bela Tauhid Digelar di Jakarta, Lombok, Bandung

Tidak kalah penting, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang mengenakan topi putih bertuliskan kalimat tauhid ikut mengutuk pembakaran bendera tauhid di Garut. Bahkan Wali Kota membacakan pernyataan Wapres Jusuf Kalla yang menyesali pembakaran itu.

Kemudian dilanjutkan rasa syukur dan terima kasih kepada umat Islam Balikpapan. Bapak Kapolres Balikpapan mengapresiasi Aksi Bela Tauhid yang damai dan mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas kota Balikpapan.

Acara ditutup dengan doa oleh Ketua Harian MUI Kota Balikpapan.* Imam M

Baca: Umat Islam Aceh Kecam Pembakaran ‘Bendera Tauhid’

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !