Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Berita dari Anda

Simposium PPI Dunia di Moskow Bahas Strategi Pembangunan Indonesia Emas 2045

Bagikan:

Hidayatullah.com– Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menggelar Simposium Internasional Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia tahun ini diselenggarakan di Higher School of Economics, Moscow, Rusia.

Simposium tahunan tersebut sudah berlangsung pada tanggal Senin – Jumat (23 Juli hingga 27 Juli 2018). Tema yang diusung adalah “Kontribusi Pemuda Dalam Strategi Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045”, yang bertujuan untuk memaksimalkan peran pelajar Indonesia di luar negeri dalam rangka memajukan bangsa, juga untuk mempererat tali silaturahmi diantara sesama anak bangsa.

Selain diikuti 32 PPI Negara, 3 delegasi BEM Universitas di tanah air juga ambil bagian dalam Simposium kali ini.

Pembahasan dibagi dalam empat panel: Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, dan Akselerasi Pembangunan Daerah, dengan Kapolri Tito Karnavian sebagai pembicara utamanyanya.

Selain Tito, hadir pula Wakil Ketua MPR Mahyudin, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia Dino Patti Djalal, Staf Ahli Menpar Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti dan lain sebagainya.

Simposium Internasional diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelajar Indonesia untuk belajar memahami tantangan global, diikuti penyampaian gagasan untuk bersama-sama menemukan solusi terkait.

Buah pemikiran yang tercipta akan dikemas dalam bentuk buku dan diserahkan kepada pemerintah sebagai sumbangsih pemikiran terhadap persoalan bangsa untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan.

Sidang Internal PPI Dunia dan pemilihan koordinator baru, juga menjadi agenda simposium. Perwakilan dari Permitha (Perhimpunan Mahasiswa Thailand), Fadjar Mulya dipercaya untuk mengemban amanah menjabat Koordinator PPI Dunia periode 2018-2019.

Untuk tahun depan, PPI Malaysia diberi kesempatan sebagai tuan rumah Simposium Internasional PPI Dunia. Indonesian Cultural Night dan Cultural Excursion menjadi agenda terakhir sebelum para delegasi kembali ke negaranya masing-masing.

PPMI Arab Saudi sendiri mengirimkan 3 delegasinya: Rama Rizana (PPMI Dammam), Adam Prabowo (PPMI Qossim) dan Muhammad Ridho (PPMI Riyadh).*/Ridho Sastrawijaya, PPMI Saudi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Hidayat Nurwahid Bersiliaturrahim dengan WNI di Qatar

Hidayat Nurwahid Bersiliaturrahim dengan WNI di Qatar

AYLF: Pemuda ASEAN Harus Bersatu Melawan Terorisme

AYLF: Pemuda ASEAN Harus Bersatu Melawan Terorisme

Tabligh Akbar Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di Bangil Serukan Persatuan dan Penegakkan Hukum

Tabligh Akbar Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di Bangil Serukan Persatuan dan Penegakkan Hukum

Keunggulan Sistem Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Keunggulan Sistem Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Gubernur Jatim Senang BMH bantu Evakuasi Warga

Gubernur Jatim Senang BMH bantu Evakuasi Warga

Baca Juga

Berita Lainnya