Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

KJRI Jeddah Gelar Burber Perdana dengan Masyarakat

ISTIMEWA
Bagikan:

Hidayatullah.com–Mengawali bulan Ramadan 1439H, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah menggelar buka puasa bersama (Bukber) dengan masyarakat Indonesia di Jeddah dan sekitarnya.

Kegiatan rutin tahunan pada setiap akhir pekan di bulan Ramadan dilaksanakan di Balai Nusantara (Balnus) kompleks wisma Konsul Jendeal (Konjen) RI Jeddah pada Kamis (17/05/2018) dan dihadiri tak kurang dari tiga ratus orang.

Menyampaikan sambutan pengantar pada Bukber perdana, Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, berharap agar forum Bukber menjadi ajang untuk bersilaturrhami yang dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial antarsesama warga  Indonesia di rantau.

“Ini momen keagaman yang paling ideal untuk memperkuat tali silaturrahmi antaranggota masyarakat di wilayah KJRI Jeddah. Dan Acara ini merupakan bagian dari paket kegiatan selama Ramadan hingga shalat Idul Fitri nanti,” ucap Konjen.

Kegiatan Bukber diselingi dengan siraman rohani yang disampaikan selepas makan malam bersama hingga menjelang waktu shalat Isya. Usai shalat Isya dan Tarawih, acara Bukber ditutup dengan ramah-tamah antasesama anggota jemaah.

Kehadiran selera khas Nusantara membuat Bukber perdana ini serasa  di Tanah Air dengan sajian makanan pembuka Kolak Pisang dan Ubi serta hidangan pelengkap jajanan pasar, seperti Dadar Gulung, Risol, Ketan Bumbu dan beberapa butir kurma. Sedangkan untuk santap malam, panitia membagikan paket kemasan yang berisi nasi putih, Dendeng Balado, Fillet ikan, Perkedel, Sambal dan semangkok Soto Ayam serta buah-buahan.

KJRI telah membentuk panitia khusus menyambut bulan Ramadan untuk menyiapkan segala keperluan acara Bukber seperti penyiapan hidangan iftar, penyusunan agenda kegiatan, kegiatan lomba keagamaan dan penyiapan tim juri, pendaftaran peserta dan hadiah lomba, undangan untuk penceramah, penyiapan karpet bagi tamu undangan, sound system dan keperluan lainnya.

Pada bulan Ramadan tahun ini KJRI Jeddah tidak saja menghadirkan penceramah lokal, melainkan juga mengundang penceramah kenamaan dari Tanah Air seperti Syekh Ali Jaber, Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, dosen Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung, dan KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Termasuk dalam paket kegiatan Ramadhan adalah penyelenggaraan shalat Idul Fitri bersama masyarakat di halaman Balnus dan sekitarnya yang tga tahun belakangan ini diikuti tak kurang dari 2 ribu jermaah.*

 

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pelajar Indonesia di Yaman Selenggarakan Seminar Islam Wa Hubbul Wathan

Pelajar Indonesia di Yaman Selenggarakan Seminar Islam Wa Hubbul Wathan

Peringati Hari Kemerdekaan RI, IMS Gelar GGN

Peringati Hari Kemerdekaan RI, IMS Gelar GGN

KH Nasir Zein Ajak Mahasiswa Indonesia di Pakistan Jaga Izzah Islam

KH Nasir Zein Ajak Mahasiswa Indonesia di Pakistan Jaga Izzah Islam

Buku Biografi Buya Hamka Dibedah di Jakarta

Buku Biografi Buya Hamka Dibedah di Jakarta

Bahasa Arab Pintu Masuk Mempelajari Berbagai Bahasa Asing

Bahasa Arab Pintu Masuk Mempelajari Berbagai Bahasa Asing

Baca Juga

Berita Lainnya