Dr Alwi Alatas: Worldview Peneliti Mempengaruhi Proses dan Hasil Penelitiannya

Worldview  seorang peneliti mempengaruhi proses dan hasil penelitiannya

Dr Alwi Alatas: Worldview  Peneliti Mempengaruhi Proses dan Hasil Penelitiannya
Dr Alwi Alatas

Terkait

Hidayatullah.com–Suatu riset tidak sepenuhnya lepas dari sudut pandang tertentu. Seorang penganut kesetaraan gender cenderung memilih tema-tema penelitian yang mendukung pahamnya. Begitu juga seorang sekuleris, akan cenderung mengambil cara-cara yang sesuai dengan pandangannya dalam metode penelitian.

Demikian diungkapkan peneliti Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) Dr Alwi Alatas di depan puluhan peserta Bengkel Muslim Cendekia (BMC)  belum lama ini.

“Demikian juga seorang liberal, cenderung membaca data yang ada berdasarkan perspektifnya,” lanjut doktor ilmu sejarah yang baru saja meraih penghargaan di Islamic Book Fair 2018 itu.

Menurut Alwi, hal tersebut terjadi karena memang worldview  seorang peneliti mempengaruhi proses dan hasil penelitiannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala CADIK Indonesia, Zakiyus Shadicky.

“Metode penelitian, sesuai nature-nya sebagai sebuah metode, tak terlepas dari worldview  peneliti yang menggunakan teknik tersebut dalam menghasilkan satu ide dan gagasan tertentu.”

Sebagai penyelenggara kegiatan, Zakiyus menjelaskan bahwa demi membantu para aktivis muslim untuk mengembangkan studi keislaman, dibutuhkan adaptasi metode riset lebih jauh, sehingga dapat menghasilkan temuan dan konstruksi ilmu yang lebih baik.

“CADIK mencoba untuk mengadakan Bengkel Muslim Cendekia seri workshop metode penelitian ini, bagi aktivis Islam, agar dapat mengembangkan padangan yang sesuai dengan worldview  Islam serta teknik yang lebih luas dalam kajian dan riset studi keislaman,” kata Zakiyus menjelaskan.

BMC sendiri diikuti mahasiswa dan alumnus dari berbagai universitas. Kegiatan kursus singkat yang mendalami Metode Penelitian itu, telah berlangsung selama April hingga awal Mei, bertempat di Kantor INSISTS, Kalibata, Jakarta Selatan. Sebagai bentuk tindak lanjut nyata, Zakiyus mengungkapkan, akan ada pembentukan cluster penelitian sesuai minat para peserta BMC.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !