Mahasiswa Indonesia Juara II Lomba Hafal Qur’an 30 Juz di Madinah

Baharun Musaddad merupakan santri Hidayatullah yang juga alumnus Pondok Pesantren Darul Huffadh di Tuju-Tuju, Bone, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa Indonesia Juara II Lomba Hafal Qur’an 30 Juz di Madinah
Muhammad Fadhlul Mujahid
Muhammad Baharun Musaddad, peraih juara II pada perlombaan Hifzhul Qur'an Kamil (30 juz) yang diadakan Universitas Islam Madinah (UIM) di Madinah, Arab Saudi, usai menerima penghargaan, Selasa (17/04/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan tanah air di luar negeri. Salah seorang mahasiswa asal Balikpapan, Kalimantan Timur, meraih juara dua dalam perlombaan Hifzhul Qur’an Kamil (30 juz) yang diadakan oleh Universitas Islam Madinah (UIM) di Madinah, Arab Saudi.

Perlombaan ini diadakan atas nama Rektor UIM, dengan tema “Musabaqah Ma’alii Mudiril Jamiah Lil Qur’anil Karim”.

Para peraih juara yaitu Muhammad Ibrohim Idris (Madinah, juara I), Muhammad Baharun Musaddad (Indonesia, juara II), dan Ahmad Mahmud Mah (Syinqity, juara III).

Baharun, peraih juara dua dalam perlombaan tersebut, merupakan mahasiswa Indonesia yang saat ini menduduki bangku perkuliahan Jurusan al-Qur’an semester enam di UIM.

Baca: Empat Santriwati Indonesia Juara 1 Lomba Debat Internasional di Qatar

Perlombaan tersebut memakan waktu yang cukup lama. Melewati tahap seleksi: seleksi pertama diikuti oleh sejumlah mahasiswa, kemudian seleksi kedua diikuti oleh mahasiswa yang berjumlah sepuluh orang, dan seleksi ketiga diikuti oleh tiga mahasiswa.

Hingga pada hari Selasa malam tanggal 17 April 2018, merupakan acara puncak penutupan sekaligus pengumuman hasil perlombaan.

Muhammad Baharun Musaddad (kanan, berdiri di panggung) pada perlombaan Hifzhul Qur’an Kamil (30 juz) di Madinah, Arab Saudi, Selasa (17/04/2018). [Foto: Muhammad Fadhlul Mujahid]

Baca: Santri Indonesia Berprestasi pada Musabaqah Hafalan Al-Qur’an Internasional

Pihak UIM juga memberikan hadiah berupa uang kepada para pemenang lomba.

Pemberian penghargaan tersebut langsung disampaikan oleh Rektor UIM Dr Hatim bin Hasan bin Hamzah Al-Marzuqi.

Baharun yang biasa disapa Harun merupakan santri Hidayatullah yang juga alumnus Pondok Pesantren Darul Huffadh di Tuju-Tuju, Bone, Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah Saudara Muhammad Baharun Musaddad memenangkan juara 2 lomba Tahfidz Qur’an 30 Juz di Madinah yang diikuti kurang lebih 400 peserta dan di antaranya ada banyak Doktor Qur’an & S2,” tulis Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan Hidayatullah Balikpapan lewat akun Instagram resminya, @lpph_gutem, Rabu (18/04/2018).* Kiriman Muhammad Fadhlul Mujahid, pegiat komunitas menulis PENA di Madinah

Baca: Dua Santri SD Hidayatullah Raih Juara Sains dan Matematika Internasional

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !