Musabaqah MIPA: Ciptakan Prestasi, Gali Potensi Diri

Musabaqah MIPA: Ciptakan Prestasi, Gali Potensi Diri

Terkait

Hidayatullah.com–Bagian kemuridan SDIT Hidayatullah yang diketuai oleh Muhammad Rifki Saputra,  hari  Jum’at, (30/03/2018)  membuat program  “Musabaqah MIPA dan Bazaar Hasil Karya Murid SDIT Hidayatullah”.

Kegiatan yang dimulai sejak jam 07.00 pagi hingga 12.00 ini diikuti oleh seluruh murid SDIT Hidayatullah dan disaksikan oleh wali murid yang berkenan hadir.

Dalam sambutannya, Subhan Birori,  selaku Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah Yogyakarta menyampaikan pentingnya proses menuntut ilmu sebagai wujud meneladani sosok Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sepanjang hayatnya tak pernah usai dari proses menuntut ilmu.

“Dengan diadakannya Musabaqah MIPA dan Bazaar Hasil Karya Ilmiah ini, in sya Allah akan lahir generasi muda yang unggul baik akademik maupun non akademik, agar menjadi insan yang berilmu dan mempunyai kepribadian yang berakhlaqul karimah, ujarnya.

Pelaksanaan Musabaqah MIPA dibagi ke dalam 3 sesi acara. Setelah menunaikan shalat dhuha, para murid terpilih dari masing-masing kelas segera menuju ruang uji tertulis untuk mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. Adapun sisanya menuju ke Aula Sekolah untuk mempresentasikan uji coba MIPA/Praktik Ilmiah yang telah mereka hasilkan di hadapan segenap dewan juri. Presentasi Uji Coba MIPA tidak sekedar menjelaskan dari segi kajian keilmuannya saja, akan tetapi juga menitik beratkan pada unsur ketauhidan yang diusung pada setiap praktik uji coba karya mereka.

Sesi terakhir dari rangkaian kegiatan Musabaqah MIPA adalah Bazaar hasil karya murid. Tempat Bazaar putra dan putri dipisah, murid putri menempati Aula, sedangkan murid putra memajang hasil karya mereka di lokasi parkir sekolah yang telah disulap menjadi stand pameran.

Kegiatan Musabaqah MIPA ini dilaksanakan setahun sekali, terhitung sejak tahun 2014 hingga sekarang, tentunya dengan beberapa perbaikan dan perubahan baik konsep maupun teknis pelaksanaan di lapangan. Dalam beberapa kali pelaksanaannya, SDIT Hidayatullah bahkan turut mengundang sekolah-sekolah lain di sekitar untuk ikut berpartisipasi dengan mengirimkan wakilnya untuk mengikuti uji tertulis MIPA. Harapannya, hal ini bisa menjadi langkah untuk menjalin hubungan baik antar sekolah, juga menjadi bagian dari promosi sekolah tentunya.

Yuuk kunjungi Galeri Foto Musabaqah MIPA dan Bazaar Hasil Karya Murid SDIT Hidayatullah, Jum’at 30 Maret 2018.*/kiriman Rida Nahdhah (Yogjakarta)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !