Pentingnya Memahami Makna Hidup

Pentingnya Memahami Makna Hidup

Terkait

Hidayatullah.com–Bertempat di D’Best Sofia Dago Hotel, Jl. Tengku Angkasa, Bandung, pada Kamis malam (08/03/2018) telah dilaksanakan kuliah Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung angkatan ke-4.

Dalam pertemuan yang kedua ini, Dr. Wendi  Zarman hadir sebagai pemateri kuliah dengan tema diskusi “The Worldview of Islam”. Pokok utama dari kuliah kali ini adalah pengaruh konsep alam yang dipahami oleh seorang manusia dalam menentukan pandangan hidupnya.

“Elemen yang paling dibutuhkan manusia dalam menentukan pedoman hidupnya adalah percaya dengan adanya Tuhan, yaitu Allah. Jika kita melandaskan hidup kita karena Allah, maka kita akan bisa memaknai hidup dan mempunyai tujuan hidup yang jelas. Berbeda dengan manusia yang tidak percaya pada Allah, mereka akan kebingungan dalam mencari makna eksistensinya sebagai manusia di bumi ini, karena tidak mempunyai pedoman dalam hidupnya. Itulah the worldview of Islam, pandangan hidup yang hanya diajarkan oleh Islam dan hanya dapat dipahami oleh seorang Muslim,” papar Wendi.

Lebih lanjut, Wendi juga menjelaskan bagaimana contoh pandangan hidup yang mempengaruhi tindakan keseharian manusia.

“Sebagai contoh, bagaimana pandangan seseorang terhadap uang? Bagi mereka yang hidupnya berorientasi kepada Allah, menggunakannya untuk bersedekah pastilah bernilai pahala. Namun bagi yang tidak berorientasi pada Allah, menggunakannya untuk bersedekah adalah rugi,” tuturnya.

“Pandangan hidup apa di balik tindakan korupsi? Pasti kita sudah tahu betul bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk mendapatkan kekayaan dan keuntungan besar. Namun beda ceritanya bagi seorang muslim ta’at. Dia tidak akan melakukan korupsi karena tahu bahwa korupsi termasuk perbuatan zhalim dan haram. Bisa disimpulkan bahwa cara mengubah masyarakat adalah dengan mengubah pandangan hidupnya,” ujarnya lagi.

Alifa, Salah seorang mahasiswi asal Institut Teknologi Nasional (ITENAS) yang menjadi peserta kuliah mengeluhkan waktu pembahasan yang dimulai pukul 18.30 sampai pukul 21.00 malam itu dirasakannya sangat sebentar.

“Materinya seru banget, nambah wawasan. Menyadarkan diri sendiri bahwa worldview itu tercermin dalam segala perbuatan dan tingkah laku kita,” ucapnya.*/kiriman Nafilah N. Azizah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !