Program Sehat Peduli Gizi Digelar Serentak di 28 Provinsi

"Kami telah mengirimkan tim ke Kupang NTT untuk selanjutnya bergerak ke Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. Termasuk persiapan ekspedisi ke Suku Asmat di Papua."

Program Sehat Peduli Gizi Digelar Serentak di 28 Provinsi

Terkait

Hidayatullah.com– Masalah gizi masih menjadi problem besar bangsa Indonesia. Tercatat jutaan anak Ind0nesia mengalami dampak gizi buruk. Umumnya adalah mereka yang berada di pinggiran kota, pedesaan, pelosok, dan terpencil.

Melihat realita tersebut Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) ini menyikapinya dengan menggelar Program Sehat Peduli Gizi.

“Pertama, ini sebagai wujud tanggung jawab moral sebagai sesama anak bangsa. Kedua, ini sejalan dengan program pemerintah, Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi,” terang Direktur Program dan Pendayagunaan Laznas BMH Pusat, Dede HB, Rabu (24/01/2018).

Pada tahun ini program itu menyasar tempat-tempat yang memang rawan gizi buruk.

“Kami telah mengirimkan tim ke Kupang NTT untuk selanjutnya bergerak ke Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. Termasuk persiapan ekspedisi ke Suku Asmat di Papua. Idealnya program ini bisa dijalankan bersamaan secara nasional, tetapi kami belum bisa langsung ke Suku Asmat karena memang jarak yang cukup jauh dan membutuhkan kesiapan yang tidak mudah,” imbuh Dede.

Baca: Gizi Buruk Asmat, KPAI: Saatnya Kemenkes Evaluasi Kubro

Event Hari Gizi Nasional secara serentak akan dilaksanakan di 42 titik (daerah) pada Kamis (25/01/2018) di 28 provinsi.

“Data sampai hari ini, 23 Januari 2018 ada 7.404 calon peserta, 401 ibu hamil, 6.928 balita, dan 75 lansia. Besar kemungkinan akan bertambah,” jelas Dede.

Khusus di Jakarta, program akan dilaksanakan di Kampung Nelayan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Di Jakarta disiapkan 1.000 paket gizi sehat kepada anak-anak yatim-dhuafa berupa susu, vitamin, makanan sehat dan lainnya. Juga akan ada edukasi dan praktik bagaimana merawat kebersihan mulut dan gigi. Insya Allah diadakan sikat gigi bersama nantinya,” papar Dede.

Baca: “Busung Lapar” Ditengah Pesta Demokrasi

Program Sehat Peduli Gizi ini merupakan program jangka pendek. BMH telah menyiapkan program jangka menengah dan program jangka panjang.

“Harapannya, momentum Hari Gizi Nasional menjadi pemicu dan pemacu semua pihak untuk bisa bersama-sama menjawab persoalan gizi buruk yang masih melanda negeri ini,” pungkas Dede.* Kiriman Humas

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !