Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Ratusan Mualaf dan Non-Muslim Suku Wana Diberi Layanan Kesehatan Gratis

zayn amiruddin
Salah satu layanan kesehatan gratis itu antara lain sunat bagi pria warga suku Wana oleh tim IMS. Program pengikraran syahadat atas inisiasi Pos Dai.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Majelis Taklim Telkomsel (MTT) bersama Persaudaraan Dai Indonesia (Pos Dai) bekerja sama dengan IMS dalam pelaksanaan program Khitanan Massal Suku Wana.

Mereka bekerja sama memberikan layanan kesehatan gratis kepada 100-an mualaf warga Suku Wana yang berada di Dusun Fatu Marando, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (25/11/2017) lalu.

Kholik selaku Kepala Emergency IMS, yang juga hadir dalam acara itu mengatakan, kepedulian terhadap kesehatan Muslim pedalaman khususnya para mualaf menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan ini.

Layanan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan untuk seluruh masyarakat yang berada di dusun tersebut. Tak terkecuali bagi non-Muslim juga mendapatkan layanan gratis itu.

Selain pemeriksaan kesehatan, layanan sunat gratis juga diberikan kepada para mualaf di dusun itu.

Baca juga: 100-an Warga Suku Wana Masuk Islam di Morowali Utara

Layanan ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Satu persatu dari mereka berdatangan untuk mendapatkan kesehatan gratis yang langka bagi mereka itu.

Ia mengaku sangat bahagia karena bisa terlibat memberikan layanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat suku Wana di Dusun Fatu Marando itu.

“Apalagi mereka adalah para mualaf yang memilih agama Islam tanpa paksaan, ini yang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saya,” ujarnya.

Kholik juga mengaku prihatin saat melihat kondisi kesehatan para balita setempat yang mengalami gizi buruk dan kecacingan. Keseharian mereka dalam bertahan hidup menurutnya jauh dari kata sehat.

“Ini akibat kurangnya edukasi kesehatan kepada mereka,” sambung pria yang berkantor di Jakarta ini.

Baca: Melawan Arus Menebar Qurban, Teguhkan Hidayah Suku Wana

Dokter senior IMS, Syaifuddin, juga terlibat langsung dalam kegiatan itu.

Sulitnya medan dan umurnya yang sudah usia lanjut, tidak menghalangi dirinya dirinya untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat suku Wana.

Ia mengaku banyak menemukan keluhan penyakit warga setempat. Di antaranya anemia, myalgia, ISPA, kecacingan, dan gizi buruk pada balita.

Kholik mengatakan, kegiatan ini bisa terlaksana atas dukungan semua kalangan. Oleh karenanya, ia mewakili lembaganya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan mulia itu.* Kiriman Zayn Amiruddin

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Tabligh Akbar HASMI Dipadati Jamaah

Tabligh Akbar HASMI Dipadati Jamaah

Mantan Menteri Malaysia Ajak Aceh Berubah

Mantan Menteri Malaysia Ajak Aceh Berubah

Tokoh Ahlus Sunnah ajak Umat Islam Berhati-hati Kelompok Syiah

Tokoh Ahlus Sunnah ajak Umat Islam Berhati-hati Kelompok Syiah

Dilarang, Kajian Felix Siauw Alumnus IPB Membludak

Dilarang, Kajian Felix Siauw Alumnus IPB Membludak

KBRI Islamabad Dorong Realisasi Kontrak PT DI dengan AU Pakistan senilai US$ 17 Juta

KBRI Islamabad Dorong Realisasi Kontrak PT DI dengan AU Pakistan senilai US$ 17 Juta

Baca Juga

Berita Lainnya