Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Dua Pekan Setelah Shalat Istisqa’, Arab Saudi Diguyur Hujan

ISTIMEWA
Shalat minta hujan (istisqa') di Masjid Nabawi
Bagikan:

Hidayatullah.com—Berkah hujan sejak hari Selasa  menyebabkan, kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi di sejumlah kota di Arab Saudi diliburkan.

Beberapa kota yang libur sementara antara lain Makkah, Jeddah, Taif, Rabigh di Provinsi Makkah, Madinah, Badr, Wadi al-Fura’, Yanbu di Provinsi Madinah, Dhuba, Al-Wajh dan Umluj di Provinsi Tabuk

Sebelumnya, hari Senin,  6 November 2017 (bertepatan 17 Shafar 1439 H), Pelayan Dua Tanah Suci Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud meminta agar seluruh masjid di Arab Saudi untuk menyelenggarakan Shalat Istisqa (shalat minta hujan kepada Allah) karena ini merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam di waktu kekeringan atau di waktu telatnya hujan.

Baca: Sekolah dan Universitas di Saudi Libur karena Hujan Deras

Shalat istisqa juga diadakan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, juga di masjid kampus di Universitas Islam Madinah.

Warga Saudi menikmati air hujan

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam dahulu membalikkan rida’ nya. Rida’ adalah pakaian bagian atas seperti kain yang digunakan oleh orang sedang berihram.

Masyarakat Saudi yang menunaikan shalat istisqa’ membalikkan syimaghnya (sorbannya), ada pula yang membalikkan misylahnya (bisht-nya), sebagai isyarat optimisme berubah dari keadaan sulit menjadi keadaan yang baik, sebagian ulama berpendapat ini adalah sunnah.

Baca: Seluruh Saudi Berdoa Minta Hujan

Alhamdulillah, atas izin Allah, dua pekan setelah doa minta hujan, hari  Selasa, 21 November 2017 M (bertepatan 3 Rabi’ul Awwal 1439 H), sejumlah kota di Arab Saudi seperti Makkah, Jeddah, Rabigh (Provinsi Makkah), Madinah, Yanbu’, Wadi al-Fura’ (Provinsi Madinah), Dhiba, Al-Wajh, Umluj (Provinsi Tabuk) diguyur hujan, semoga dengan turunnya hujan ini Allah melimpahkan keberkahan, kebaikan dan manfaat untuk masyarakat yang tinggal di Arab Saudi, khususnya di dua kota suci Makkah dan Madinah.

Shalat Istisqa di Masjidil Haram, dihadiri Pangeran Khalid bin Faisal bin Abdul Aziz Al Saud, Penasehat Raja yang juga Gubernur Makkah.*/Imam Khairul Anas (Madinah)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke II  Aceh – Norwegia

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke II Aceh – Norwegia

Gelar Seminar, HIMA UIKA Ingin Tumbuhkan Kreativitas Jurnalistik

Gelar Seminar, HIMA UIKA Ingin Tumbuhkan Kreativitas Jurnalistik

Peringati Harlah ke-90,  PCINU Pakistan Gelar Berbagai Kegiatan

Peringati Harlah ke-90, PCINU Pakistan Gelar Berbagai Kegiatan

Presiden Turki Buka Pameran Buku Doha International ke 26

Presiden Turki Buka Pameran Buku Doha International ke 26

Kajian SPI Bandung: Clash of Civilizations Atau Clash of Worldviews?

Kajian SPI Bandung: Clash of Civilizations Atau Clash of Worldviews?

Baca Juga

Berita Lainnya