Unida Gelar Daurah Kitab Turats Bersanad

Di akhir acara, setelah khatam pembacaan risalah, peserta yang hadir mendapat Ijazah Sanad Kitab “Hadits Arbain Nawawi ”

Unida Gelar Daurah Kitab Turats Bersanad

Terkait

Hidayatullah.com– Bertempat di Gedung Markaz Sirah Nabawiyyah Universitas Darussalam Gontor pada tanggal 23-24 April 2017  dilaksanakan daurah kitab turats bersanad dengan mengkaji kitab “Hadits Arbain Nawawi ” karya Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawi Ad Dimasqi (631 H – 676 H).

Acara yang diselenggarakan oleh Center For Sirah Studies (CSS)  diikuti oleh 100 peserta dengan latar belakang yang berbeda, baik dari kalangan akademisi, mahasiswa, guru dan masyarakat umum.

Acara ini diselenggarakan selama empat sesi. Sesi pertama, pada Ahad, 23 April 2017 jam 13.30 -15.00 WIB. Pembukaan dan membahas tentang “Adab Fatwa, Mufti, dan Mustafti” dilanjutkan ke sesi kedua , Jam 16.00 – 17.30 WIB.

Baca:  300 Peserta Ikuti Daurah al-Qur’an Bersanad LPP Hidayatullah

Dari sesi pertama sampai terakhir peserta sangan antusias dan khusyu’ mengikuti penjelasan isi kitab oleh pemateri, Ustad Azka Fuadi, Lc.,Dipl. (Alumni Al-Azhar Kairo dan Akademi Fatwa Kaderisasi Mufti Darul Ifta Mesir).

Sebagaimana diketahui, Kitab Hadits Arbain Nawawi, dasar kitab ini adalah kitab “Al-Ahadits Al-Kulliyah” yang didiktekan Imam Al-Hafizh Abu Amr bin Ash-Shalah, yakni kumpulan 26 hadits yang padat dan ringkas.

Baca:  Di Balikpapan, 35 Pelajar Raih Sanad pada Daurah Al-Qur’an

Kemudian Imam Nawawi menggenapkannya menjadi 42 hadits dan menamakannya dengan Al-Arba’inrisalah yang ditulis oleh Sulton Ulama Al-Imam Al-Izz bin Abdissalam.

Di akhir acara, setelah khatam pembacaan risalah, peserta yang hadir mendapat Ijazah Sanad Kitab “Hadits Arbain Nawawi ” yang menyambungkan para pembaca/peserta kepada para ulama yang mengkajinya sampai pada penulisnya Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawi Ad Dimasqi, melalui pemateri dari Ustad Azka Fuadi, Lc.,Dipl, Nafa’ana Alloh biulumihim fi daroini Aamin.*/kiriman Khoirul Fatah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !