Hindari Perceraian, Warga Balikpapan dan Sekitarnya Diajak Ikut Seminar Pra Nikah ini

Seminar pra nikah ini menargetkan calon peserta, baik pasangan menikah, warga masyarakat yang belum menikah, karyawan-karyawati, serta mahasiswa dan anak sekolah sebagai ajang edukasi.

Hindari Perceraian, Warga Balikpapan dan Sekitarnya Diajak Ikut Seminar Pra Nikah ini
Poster seminar pra nikah di Balikpapan, April 2017.

Terkait

Hidayatullah.com– Risau dengan tingginya akan perceraian, para pemuda di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, ini berinisiatif melakukan upaya-upaya untuk menekan angka perceraian.

Di antaranya dengan akan menggelar seminar pra nikah bertema “The Way to Heaven (Jalan Menuju Surga”).

“Tingkat perceraian di Kota Balikpapan sangat tinggi, seperti yang diberitakan di media lokal. Artinya bahwa setiap pernikahan yang mengalami perceraian mempunyai masalah-masalah. Seminar pra nikah hadir untuk siap menghadapai situasi itu,” ujar Ketua Pelaksana M Fauzan di Balikpapan, baru-baru ini.

Seminar Pra Nikah itu akan digelar di gedung eks Bioskop Benua Patra, kompleks Pertamina, Balikpapan, pada Ahad-Senin (23-24/04/2017) mendatang, bertepatan hari libur nasional.

Baca: Di Balikpapan, 76 Pemuda-pemudi Berbarengan Nikah Mubarok

Menurut Fauzan, pembinaan yang dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA) setiap hari Selasa (di Balikpapan) untuk pasangan calon masih kurang maksimal dan kebanyakan calon mempelai tidak hadir.

“Artinya bahwa ada sesuatu yang kurang menarik minat dari pasangan,” ujar dia.

Pihaknya pun berinisiatif melakukan program ini untuk, pertama, membantu memberikan solusi kepada pemerintah dalam hal kemasyarakatan.

“Kedua, kami memberikan metode baru dalam membimbing masyarakat terutama pemuda-pemudi dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Seminar pra nikah ini menargetkan calon peserta yaitu pasangan menikah yang sudah mendaftar pernikahan di KUA, masyarakat umum yang berumur lebih dari 30 tahun dan belum menikah, karyawan-karyawati, serta mahasiswa dan anak sekolah sebagai ajang edukasi.

Diharapkan, dari gelaran kegiatan ini mampu sedikit banyak mengurangi angka perceraian khususnya di Balikpapan, serta memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat seputar pra maupun pasca pernikahan.

Baca: Walikota Balikpapan: Pernikahan Mubarak Atasi Maraknya Kasus Perceraian

Soal narasumber yang akan mengisi seminar pra nikah itu, kata Fauzan, antara lain; konsultan parenting Mohammad Fauzil Adhim (Penulis Buku Best Seller; Kupinang Kau dengan Hamdalah) membawakan tema “Meraih Ridha Allah Bersama Kamu”.

Lalu konselor pernikahan Zainuddin Musaddad akan membawakan tema “Menata Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah” dan Pendiri Komunitas Keluarga Cerdas, Naspi Arsyad, dengan tema “Tangga Menuju separuh Agama”.

“Insya Allah acara pembukaan akan dihadiri General Manager Pertamina Balikpapan, alim ulama se-Kota Balikpapan, dan acara akan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Balikpapan H Rahmad Masud,” pungkas Fauzan.

Baca: Angka Perceraian Meningkat, Menteri Agama Sarankan Ikuti Seminar Pra-Nikah

Acara yang rencananya akan diramaikan dengan bazar pra Ramadhan ini diselenggarakan atas kerja sama Syabab (Pemuda) Hidayatullah Balikpapan, IDC KORMI, Masjid Istiqamah, dan Pertamina. Serta didukung Pemerintah Kota Balikpapan dan MUI setempat.

Bagi pembaca khususnya warga Balikpapan dan Kaltim yang berminat mengikuti acara ini, silakan menghubungi Call Center di nomor 0812 5092 2698 atas nama Danang, bisa via WhatsApp, SMS, ataupun telepon. Panitia membuka sekretariat di Masjid Istiqamah, Jl Sport No 01, Balikpapan dan di kantor KORMI.* Kiriman Abu Tenzile dari Balikpapan

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !