Selasa, 3 Agustus 2021 / 24 Zulhijjah 1442 H

Berita dari Anda

Tuan Guru Haji Syafi Meninggal, Pelajar Patani Indonesia Gelar Sholat Ghaib

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pelajar mahasiswa Patani di Indonesia gelar solat ghaib berlangsung malam hari usai berjamaah maqrib bersama masyarakat di Masjid Al-Qomar Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin 16 Januari 2017.

Sejak tanggal 14 Januari 2017, diberitahukan berita Tuan Guru Haji Syafi’i bin Haji Abdulrahman telah kembali ke rahmatullah di Rumah Sakit Kuala Lumpur, negara Malaysia. Tuan Guru Haji Syafii meninggal dalam keadaan tenang pada 10 Januari 2017 pekan lalu.

Tuan Guru Haji Syafi’i bin Haji Abdulrahman adalah terkenal Tokoh Pendidikan Nasional dan masyarakat Patani di Thailand selatan. Sebagai Mantan Kepala Sekolah Thamvitaya Mulniti di Provinsi Yala Thailand selatan ahmarhum adalah Ahli Jawatan Kuasa (Qadhi Syar’i) Majlis Agama Islam Provinsi Pa(t)tani dan Imam Masjid di Kampungnya Telaga Sembilan, Jarang, Provinsi Pa(t)tani.

Tokoh Pendidikan Islam di Thailand Selatan Meninggal Dunia

Haji Syafi’i mendapat kepercayaan tinggi dari mertuanya untuk memimpin sekolah tersebut pada tahun 1975 hingga 30 tahun lamanya sampai tahun 2005, oleh karena dituduh pemerintah Thailand kasus terlibat perjuangan Patani lainnya yang berjuang untuk mendirikan negara sendiri, kampanyer “Patani Merdeka”, membuat belaiu menyelamatkan diri di negara Malaysia hingga terhembus nafas di sana.

Tetapidalam pandangan masyarakat setempat sebenarnya dia dipercayai seorang guru yang berjasa tinggi pengorbanannya. Dan dia banyak mempunyai murid dan alumni. Sehingga beliau sangat dihormati kalangan orang banyak. Seumpamanya,beliau dianggap sebagai pemimpin spiritual dan memiliki karateristik teladan tinggi kepada masyarakat muslim Patani.

Indonesia Kirim Dai ke Thailand Selatan

Diyanah, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai salah seorang alumni memberikan wawancara mengatakan bahwa, Ustaz Syafi’i, ketika saya sempat pada masanya, dia seorang mudir (kepala sekolah), sekolah Thamvitaya sendiri sangat tinggi kualitas pendidikan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum lainnya, dan kalangan para pelajar sangat memberikan perhatian dengan sikap beliau yang patut dihormati karena dia seorang memiliki moralitas yang tinggi.

Selain itu, pelajar mahasiswa Patani di Indonesia Yogyakarta melakukan doa  selama tiga malam sejak malam pertama hingga rabu malam bertempat di Asrama Putra Mahasiswa Patani Gowok Sleman Yogyakarta.*/kiriman Abu M Fathon (Yogjkarta)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Gelar Pelatihan Guru Al-Qur’an, BMH Rintis Rumah Qur’an di Mamuju

Gelar Pelatihan Guru Al-Qur’an, BMH Rintis Rumah Qur’an di Mamuju

Peran Konkret Pemuda dalam Perang Pemikiran

Peran Konkret Pemuda dalam Perang Pemikiran

Pelayanan Ambulans ini Gratis Bagi Warga Yogyakarta

Pelayanan Ambulans ini Gratis Bagi Warga Yogyakarta

Al Irsyad, Tambah Jam untuk Belajar Al-Quran

Al Irsyad, Tambah Jam untuk Belajar Al-Quran

Kolaborasi Aksi BPKH, IMS, dan DT Peduli

Kolaborasi Aksi BPKH, IMS, dan DT Peduli

Baca Juga

Berita Lainnya