Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Gebyar Agustusan di Negeri Dua Benua

Bagikan:

Hidayatullah.com–Memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, warga Indonesia di Turki menggelar berbagai acara. Warga menggelas lomba yang diikuti peserta baik anak-anak dan dewasa. Ada dari keturunan Turki, Jepang, Indonesia.

Ketika sedang lomba memasukkan paku kedalam sebuah botol, salah seorang panitia Sulihs ibuk menterjemahkan dalam berbagai Bahasa, kecuali Bahasa Jepang.

“Jelaskan sama adik ini pakai bahasa Jepang, lomba masukkan paku ke botol. Siapa bisa?” teriak Sulih minta tolong.

Sebagaimana diketahui, Turki belum lama ini didera upaya kudeta oleh sekelompok minoritas militer. Upaya kudeta ini gagal setelah ditumpas dengan mudah, hanya sekitar 12 jam. Saat ini sedang berlangsung keadaan darurat selama tiga bulan. Namun kondisi chaos pasca kudeta cepat dinormalisir. Buktinya, aktivitas layanan publik, ekonomi dan studi tak begitu terpengaruh. Bahkan warga Negara asing khususnya Indonesia bisa menggelar peringatan kemerdekaan RI ke-71 dengan berbagai pertandingan dan perlombaan, khususnya di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul yang saat ini dipimpin Harlan Hakim.

Menurut panitia, lomba  tersebut yang diselenggarakan di halaman kantor KJRI yang beralamat di Düğmeciler Mah. Düğmeciler Cad. No. 52. Eyüp / İstanbul. Turkey, dimeriahkan selama dua hari. Pada Sabtu (13/08/2016) digelar lomba melempar Dart (mata panah), Poker, Domino dan Catur.

Pada hari Ahad (14/08/2016) digelar lomba balap kelereng, memasukkan paku/sedotan ke dalam botol, balap karung, membawa bola pingpong, makan simit (roti bolong khas Turki), makan mie instan, dan disediakan 71 buah door prize. Jumlah ini disesuaikan dengan tahun Peringatan Kemerdekaan RI ke-71.

“Çokeğlenceli (sangat menghibur)” ungkap Merve (10) dan Recep (13) Juara Lomba 2 dan 1 memasukkan paku kedalam botol. Keduanya kakak beradik dan juga  Cemal, salah satu karyawan KJRI Istanbul yang berwarga Negara Turki, yang turut serta meramaikan lomba dalam rangka  mempererat persaudaraan Indonesia-Turki.

“Lomba ini salah satu langkah cerdas KJRI untuk mempererat persatuan diantara WNI di rantau, dan mempererat persaudaraan antara Indonesia-Turki,” ungkap salah satu peserta pertandingan  yang meraih Juara I Catur.*/kiriman LKSMIT, (Istanbul, Turki)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Baznas Berharap Semua LAZ Punya Spesialisasi Program Unggulan

Baznas Berharap Semua LAZ Punya Spesialisasi Program Unggulan

Belajar ‘Jurnalisme Syariah’ di Negara Sudan

Belajar ‘Jurnalisme Syariah’ di Negara Sudan

Tes Kemampuan Baca Al Quran Sebagai Syarat Calon Kepala Daerah Aceh

Tes Kemampuan Baca Al Quran Sebagai Syarat Calon Kepala Daerah Aceh

LPI ArRohmah Tahfidz Miliki Masjid Permanen

LPI ArRohmah Tahfidz Miliki Masjid Permanen

Pentingnya Sosok Ayah Ideologis dan Biologis untuk Menuju Surga

Pentingnya Sosok Ayah Ideologis dan Biologis untuk Menuju Surga

Baca Juga

Berita Lainnya