Kamis, 21 Oktober 2021 / 15 Rabiul Awwal 1443 H

Berita dari Anda

Media Muslim TV dan Aplikasi CAK SUR Diluncurkan Pos Dai

muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Penugasan puluhan dai oleh Pos Dai ke berbagai daerah di Indonesia, Jumat, 19 Ramadhan 1437 H (24/06/2016).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Persaudaran Dai Indonesia atau Pos Dai meluncurkan salah satu sarana dakwah Media Muslim TV, yaitu TV streaming berbasis android atau smartphone.

Peluncuran itu dirangkai dengan penugasan puluhan dai ke berbagai daerah di Indonesia, Jumat, 19 Ramadhan 1437 H (24/06/2016).

“Alhamdulillah, pada hari ini, Jumat, jumlah dai yang kita tugaskan 20 orang dari lulusan pusat pendidikan dai ke-13. Daerah (penugasan) yang terjauh adalah Nusa Tenggara Timur,” ujar Direktur Pos Dai, Ahmad Suhail.

Acara itu berlangsung di Masjid Baitul Karim, Jl Cipinang Cempedak 1 No. 14, Jakarta Timur, dengan tema Ramadhan Mubarok “Meraih Berkah Ramadhan untuk Memajukan Dakwah Islam”.

Perlu diketahui, TV streaming itu dibesut serta didukung dengan teknologi platform D-Awan. Di antara kelebihannya, data (konsumsi bandwidth) yang dipakai untuk menonton TV tersebut sangatlah kecil.

Ini merupakan keunggulan teknologi yang belum dipakai banyak orang sehingga tidak memberatkan bagi pengguna. Aplikasi Media Muslim TV sudah bisa diunduh melalui Play Store.

Aplikasi CAK SUR

Selain itu, Pos Dai sangat sadar bahwa pendataan menjadi kunci terpenting untuk bisa berkiprah ke depan dengan lebih baik.

Lembaga ini pun mendeklarasikan penggunaan aplikasi untuk akuisisi data aset, data dai, hingga pendataan sarana dan prasarana lainnya. Dimana data-data itu bisa dimanfaatkan umat.

Dalam hal ini, Pos Dai menggunakan aplikasi CAK SUR (Cara Kreatif Survey). Yaitu aplikasi yang tepat guna untuk berbagai keperluan pengambilan data (survei) yang mudah dan menyenangkan.

Aplikasi ini hasil kerja sama yang melibatkan PT EBConnection Indonesia dan tim dari Pusat Studi Jaminan Sosial (PSJS) Universitas Airlangga.

“Aplikasi CAK SUR ini sebuah aplikasi universal yang berbasis Informasi Geografis yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Karena fitur yang ditanam ke dalam aplikasi ini sudah mumpuni dan berbasis sistem Informasi Geografis,” Ujar dr. M. Farid Dimjati Lusno M.KL dari PSJS Universitas Airlangga di kantornya.

“Kolaborasi berbagai pihak ini Insya Allah dapat meningkatkan peran Pos Dai dalam membina umat di masa depan,” demikian imbuh Suhail.* Kiriman Muhajirin, staf Pos Dai

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Gubernur Aceh Buka Muswil Dewan Da’wah Islamiyah

Gubernur Aceh Buka Muswil Dewan Da’wah Islamiyah

Prof AM Saefuddin: Tanpa Persatuan, Gerakan Dakwah Tak Pernah Efektif

Prof AM Saefuddin: Tanpa Persatuan, Gerakan Dakwah Tak Pernah Efektif

Iran dan Syiah Dinilai Lakukan Pemutarbalikan Fakta  Kasus Suriah

Iran dan Syiah Dinilai Lakukan Pemutarbalikan Fakta Kasus Suriah

PPI-IIUM Gelar “INDONESIA FOR GAZA”

PPI-IIUM Gelar “INDONESIA FOR GAZA”

Dua Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah Raih Penghargaan

Dua Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah Raih Penghargaan

Baca Juga

Berita Lainnya