Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Genap 25 Tahun, Al-Bayan Makassar akan Gelar Reuni Akbar

Logo Reuni Akbar Alumni Al-Bayan 2016.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Yayasan Al-Bayan Makassar akan menggelar acara Reuni Akbar Alumni Al-Bayan di kampusnya, Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara pada Sabtu-Ahad, 14-15 Sya’ban 1437 H (21-22/05/2016) ini mengusung slogan Back To Pondok. Temanya “Jalin Ukhuwah, Bangun Persaudaraan, Menuju Indonesia Bermartabat”.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Gubernur Sulsel, Dr Syahrul Yasin Limpo. Insya Allah dihadiri perintis awal lembaganya, di antaranya Dr Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, Ir Ahkam Sumadiyana, dan Ir Abdul Majid.

Untuk memeriahkan acara, panitia mengemas berbagai kegiatan. Seperti pertandingan futsal antar alumni, fun games, dan pemutaran film dokumenter “Al Bayan DKE”. Selain itu, ada juga testimoni alumni yang dikemas dalam bentuk Stand Up Comedy serta pencerahan dari sesepuh ormas.

Di akhir acara, akan dibentuk Ikatan Alumni Al-Bayan, sebagai upaya untuk mengorganisasi lulusan Al-Bayan yang kini telah tersebar di seluruh Nusantara.

Untuk diketahui, sejak berdiri tahun 1991 silam, yayasan ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan dinamika positif selama lebih dari dua dekade. Penyelenggaraan pendidikannya dari TK Al-Wildan, Sekolah Dasar Integral, SMP Integral hingga SMA Integral Al Bayan.

Selain mengkader masyarakat kurang mampu dan berekonomi lemah, pendidikan di sini mulai dilirik kalangan menengah ke atas.

Selama ini, alumni SMP-SMA Al-Bayan melanjutkan pendidikannya di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, seperti Sudan, Mesir dan Madinah. Beberapa di antaranya telah kembali ke Tanah Air mengamalkan ilmunya.

“Keberhasilan ini tentu bukan hasil usaha semata pengurus sekarang. Melainkan merupakan keberlanjutan dari kerja keras pendahulu yang telah merintis Al-Bayan dari nol,” terang Ustadz Sarmadani selaku ketua yayasan itu.

Kerinduan dalam 25 Tahun

Dalam usia 25 tahun, yayasan ini bersinergi dengan pemerintah sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa. Al-Bayan pun telah berkali-kali melakukan rotasi kepemimpinan di berbagai tingkat struktural.

Abdul Aziz tercatat dalam sejarah Hidayatullah Makassar sebagai pimpinan pertama untuk masa kepemimpinan tahun 1990-1998. Dilanjutkan Ustadz Khairil Baits untuk periode 1998-2000, lalu Ustadz Majid (2000-2005), dan Ustadz Muchsinin (2005-2008).

Kemudian beralih ke Ustadz Sultan, masa bakti 2008-2014, selanjutnya ke pundak Sarmadani dari 2014 sampai sekarang.

Dalam kurun 25 tahun, lahir kerinduan adanya sebuah pertemuan, yang bisa menyatukan semua komponen untuk kembali menggali dan menyelami spirit perjuangan berislam.

“Untuk itu, dengan seribu hormat dan penghargaan, kami mengundang para asatidz, para pendiri, senior lembaga, kepala dan mantan kepala sekolah, pengasuh dan mantan pengasuh, dan semua alumni Al-Bayan untuk menghadiri dan meramaikan silaturahim akbar yang dikemas dalam wadah Reuni Akbar Alumni Al-Bayan,” ujarnya.

Berdasarkan Akta Notaris yang dibuat oleh H. Abdullah Ashal, SH, yayasan itu berdiri dengan nomor 46 Tanggal 12 Mei Tahun 1991 oleh Abdul Aziz bersama beberapa sahabatnya dari Himpunan Mahasiswa Islam.

Berdasarkan data departemen pendidikannya, hingga tahun 2016, SMP Al Bayan telah menamatkan 19 angkatan, sementara SMA telah menamatkan 16 angkatan, dengan jumlah alumni sekitar 700 orang.

Bagi Pembaca yang berkepentingan dengan acara ini, silakan menghubungi kontak person Moh. Arfah (085242282442) Habib (082187233320), dan Baharuddin J (081242955706).*  Kiriman Panitia Reuni Akbar Alumni Al-Bayan

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Daurah Kitab “Matan Mandzumatu Tuhfatul Athfal” di UNIDA Gontor

Daurah Kitab “Matan Mandzumatu Tuhfatul Athfal” di UNIDA Gontor

Akhirnya Sumur Bor Hadir di Daerah Minus Rawan Air

Akhirnya Sumur Bor Hadir di Daerah Minus Rawan Air

Alumni Yaman ingin Populerkan Zikir Ad-Daiba’i di Aceh

Alumni Yaman ingin Populerkan Zikir Ad-Daiba’i di Aceh

Hadirkan Kerinduan Tanah Air, WNI Islamabad Adakan Buka Puasa Bersama

Hadirkan Kerinduan Tanah Air, WNI Islamabad Adakan Buka Puasa Bersama

UNIDA Gontor, BI, BWI Luncurkan GISWAF

UNIDA Gontor, BI, BWI Luncurkan GISWAF

Baca Juga

Berita Lainnya