Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Takmir Masjid se Turi Membuat Forum Silaturahim

ISTIMEWA
Bapak Suwardi, S.Pd. ketua Takmir Masjid Al-Furqan
Bagikan:

Hidayatullah.com—Hari Ahad (15/05/2016),  seluruh takmir masjid se Kecamatan Turi Yogjakarta membuat Forum Silaturahim Takmir Masjid Se Kecamatan Turi.

Arif, selaku ketua panitia pelaksana memberi apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir. Padahal Arif mengaku, sebelumnya sempat pesimis acara bisa terselenggara.

“Apakah nanti ada yang datang karena tempatnya hanya di masjid padahal waktu penyelenggaraan ini seharian, yaitu mulai pukul 07.00 s.d. 16.00 wib,” kata Arif menyampaikan dalam sambutannya.

“Tapi alhamdulillaah, peserta membludak, yang hadir 160 peserta bisa hadir pada kegiatan ini,” sambung Arif.

Ia berharap,  kegiatan ini ada tindak lanjutnya, sehingga tidak hanya berhenti di sini.

Acara yang diinisiasi Takmir Masjid Al-Furqan yang berlokasi di Perumahan Gajah Mada Asri, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, ini  mendapat apresiasi pihak Kementerian Agama.

Melalui Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Turi. Dalam sambutannya, Nuril Amri, S.Ag menyampaikan, para peserta yang hadir  adalah orang-orang yang berani mengambil resiko, karena ini adalah tugas kerasulan.

“Ide membuat wadah silaturahim takmir se Kecamatan Turi ini ide cemerlang, ide cerdas. Karena ini berbeda cara berpikir dengan masjid yang lain,” kata Nuril.

Nuril Amri juga menyambut antusias, karena yang diundang dalam kegiatan ini tidak mengenal “baju” mereka.

“Mari hilangkan kotak-kotak dalam kehidupan kita, ada yang hadir berbaju biru, berbaju hijau, berbaju merah, dan lain sebagianya. Kita besarkan Islam ini, bukan golongan, “ sambung Nuril Amri.

Ia juga menyinggung tentang masyarakat yang gemar membuat masjid tapi enggan memakmurkannya.

“Masjid yang besar itu hanyalah ‘bungkus’ tapi masjid yang bisa membuat jamaah mendapat petunjuk itu adalah isinya. Kita sering fokus kepada bungkus tetapi melupakan isi.”

Acara ini juga menghadirkan Ustad HM Jazir ASP selaku Ketua Dewan Syura Masjid Jogokariyan, dengan materi “Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat”.

Panitia juga menghadirkan Trainer Motivasi Nasional, yaitu  Dwiyono Irianto,  selaku pelopor Indonesia Islamic Business Forum dan selaku dosen di STMIK Amikom Yogyakarta yang menyampaikan tema “Cerdas Takmirnya, Gairah Jamaahnya, Makmur Masjidnya.”

Dalam kegiatan ini, Suwardi,  selaku Ketua Takmir Masjid Al-Furqan menyampaikan tips-tips bagaimana mengundang orang untuk berbondong-bondong ke masjid.

Pernah suatu pagi, ia dan tim takmir membuat bingkisan yang diberikan kepada seluruh jamaah shalat subuh yang hadir di masjid.

Semoga kegiatan ini bisa membawa perubahan bagi masyarakat di wilayah Turi. Harapan Wardi.*/Mahmud Thorif, pegiat PENA Jogja

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

‘The Power Of Social Media’ Kajian dan Itikaf Bulanan Remaja Masjid Sunda Kelapa

‘The Power Of Social Media’ Kajian dan Itikaf Bulanan Remaja Masjid Sunda Kelapa

Universitas Majmaah Juara Umum Lomba Bahasa Arab

Universitas Majmaah Juara Umum Lomba Bahasa Arab

Tiap Bulan, 1 Ton Beras Disalurkan ke Pesantren-pesantren Tahfizh di Sulawesi Tenggara

Tiap Bulan, 1 Ton Beras Disalurkan ke Pesantren-pesantren Tahfizh di Sulawesi Tenggara

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Festival Janadriyah ke-33

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Festival Janadriyah ke-33

Banyak Dai Terlalu Fanatik dan Berlebihan Menyikapi Perbedaan

Banyak Dai Terlalu Fanatik dan Berlebihan Menyikapi Perbedaan

Baca Juga

Berita Lainnya