Siswa Madrasah Mu’allimin Selenggarakan Talkshow Kepenulisan bersama Kang Abik

Habiburrahman El Shirazy sendiri selama acara tersebut menyampaikan banyak sekali ilmu-ilmu kepenulisan, mulai dari motivasi untuk menulis, cara membiasakan menulis

Siswa Madrasah Mu’allimin Selenggarakan Talkshow Kepenulisan bersama Kang Abik
ISTIMEWA
Siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar talkshow kepenulisan bersama Habiburrahman El Shirazy

Terkait

Hidayatullah.com—Hari Ahad (01/05/2016), Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan acara yang berhasil menarik hati masyarakat di sekitarnya.

Setelah sebelumnya berhasil menarik hati masyarakat se-DIY Jateng pada acara Hadikusumo Futsal Cup dan Islamic Fest, kini Mu’allimin kembali menggaet masyarakat sekitarnya dengan acara Talkshow Kepenulisan bersama Kang Abik.

Tidak hanya dihadiri oleh siswa-siswi setingkat SMP dan SMA, acara Talkshow ini juga dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi, orang-orang dewasa, dan siapapun yang memiliki minat untuk belajar kepenulisan atau literasi.

Sebagai rangkaian acara akbar tahunan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang bernama MacFest #2 (Mu’allimin Annual Competition and Festival #2).

Dalam acara yang mengangkat tema “Mengubah Pengalaman Menjadi Tulisan” tersebut, Alfi Syahri selaku penangung jawab acara menginginkan mendekatkan lagi para pelajar sekarang dengan dunia tulis menulis.

“Dan semoga semua peserta dapat lebih termotivasi lagi untuk menulis,“ ujarnya.

Sementara Habiburrahman El Shirazy sendiri selama acara tersebut menyampaikan banyak sekali ilmu-ilmu kepenulisan, mulai dari motivasi untuk menulis, cara membiasakan menulis, hingga kiat-kiat untuk menulis sebuah novel.

Kang Abik sendiri berpesan kepada para peserta untuk ikut berdakwah melalui tulisan apapun bentuknya.

“Karena tulisanlah yang telah mengubah banyak hal, membuat banyak hal terjadi, maka menulislah untuk membuat perubahan,” ujar penulis novel yang juga lulusan Universitas Al Azhar Mesir ini.

Lebih jauh, Kang Abik juga mengutip ayat-ayat Al-Qur’an mengenai pentingnya tulisan. Ia juga menjelaskan bagaimana membaca dan menulis (Al-Qira’ah wal Kitabah) merupakan alat transformasi yang paling efektif. Ia mengambil contoh ulama-ulama yang begitu terkenal sebagai penulis yang hebat, sepertinya Syeikh Jalaluddin As-Syuyuti yang diakui di dunia barat berkat berbagai macam buku karangannya yang berjumlah lebih dari 600 judul sehingga dijadikan rujukan di dunia.

Pada sesi akhir acara, Kang Abik  memberikan tips sederhana dalam menulis.

“Modal penulis itu ialah kemauan yang kuat untuk menjadi penulis, serta harus disiplin dan terus berlatih,” jelasnya.

“Selain itu tidak mudah putus asa, walaupun karya kita sering dicemooh atau dianggap remeh oleh orang lain, yang penting terus berusaha.”

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga 11.45 siang  ini diadakan di Aula Asri Medical Center (AMC).

Tidak hanya mendapatkan petuah-petuah seputar kepenulisan dari Kang Abik secara langsung, para audiens juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar kepenulisan. Selain itu, para audiens juga disuguhi penampilan dari grup vokal dan stand up comedy lokal.

Diakhiri dengan sesi foto bersama bersama Kang Abik, acara yang diadakan oleh Sobat Perpus Mu’allimin (SPM) -yang tak lain merupakan salah satu organisasi di Mu’allimin yang bertujuan meningkatkan minat membaca dan menulis para siswa- ini telah berhasil mendapatkan respon yang sangat positif dari para audiensnya.*/Kiriman Wina, Arham dan Fathoni  (Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !