Sabtu, 13 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Berita dari Anda

Dibuka dengan Sesi Ta’aruf, Inilah 15 Materi Kuliah SPI Terbaru

Sekolah Pemikiran Islam.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sejak dimulai tahun 2014 lalu, Sekolah Pemikiran Islam (SPI) terus menunjukkan tumbuh kembangnya. Perkuliahan intensif yang digagas pemikir muda Muslim, Akmal Sjafril, itu bahkan mengepakkan sayapnya ke luar Jakarta, menyusul didirikannya SPI Bandung.

Pada kenyataannya, SPI Jakarta sendiri diikuti oleh sejumlah peserta dari luar kota, seperti Tangerang, Bogor, hingga Bekasi. Mulai SPI Jakarta Angkatan III pada kuartal akhir 2015 lalu, namanya berubah menjadi SPI Fatahillah. Tentu saja nama baru itu terinspirasi dari sosok tokoh Muslim pada masa kemenangan pembebasan Jakarta dari penjajah lebih dari 5 abad silam.

Memasuki akhir Februari ini, SPI Fatahillah Angkatan IV pun mulai digelar. Tak hanya berubah nama, hasil evaluasi dan semangat perbaikan membuat panitia melakukan penyesuaian.

“Terdapat penambahan materi yaitu sesi ta’aruf, materi kepenulisan, dan serba-serbi dakwah,” kata Akmal Sjafril, founder SPI.

Terkait penambahan itu, Anila Gusfani, panitia SPI lainnya, mengemukakan bahwa pada angkatan keempat ini ada penambahan jam perkuliahan juga. Jika pada angkatan sebelumnya hanya ada 12 kali pertemuan, maka total ada 15 pertemuan yang akan dijalani para peserta SPI Angkatan IV ini.

Total 44 peserta dijadwalkan akan menjalani perkuliahan sepanjang Februari hingga Mei 2016, bertempat di Aula Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelah dibuka dengan kuliah ta’aruf atau perkenalan, pada pertemuan berikutnya peserta akan diajak mendalami materi ghazwul fikri. Di dalamnya antara lain dibahas bagaimana cara memenangkan perang pemikiran.

Secara lengkap, kelima belas materi SPI tersebut yaitu Ta’aruf, Ghazwul Fikri, The Worldview of Islam, Tauhidullaah, Diinul Islaam, Kepenulisan, Konsep Wahyu & Kenabian, Sekularisme, Nativisasi, Sejarah & Doktrin Syi’ah, Konsep Gender, Pluralisme Agama, Manusia & Kebahagiaan, The Golden Age of Islam, dan Serba-serbi Dakwah.

SPI mengemban misi untuk menghidupkan tradisi ilmu dalam peradaban Islam, serta mencetak generasi Islam berintelektual tinggi.*/Kiriman SPI Media Center

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muh. Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Ajak Generasi Muslim Kupang Perkuat Bekal Agama

MUI Ajak Generasi Muslim Kupang Perkuat Bekal Agama

BMH dan MUI Mimika Galang dana Untuk Palestina

BMH dan MUI Mimika Galang dana Untuk Palestina

PPI Lebanon mengadakan Seminar tentang Kahlil Gibran

PPI Lebanon mengadakan Seminar tentang Kahlil Gibran

Kajian INSAF: Berilmu Sebelum Memimpin

Kajian INSAF: Berilmu Sebelum Memimpin

STEI SEBI Kuatkan Sinergi Menuju Perguruan Tinggi Islam Unggul

STEI SEBI Kuatkan Sinergi Menuju Perguruan Tinggi Islam Unggul

Baca Juga

Berita Lainnya