Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Mahasiswa Samarinda adakan Palestina Solidarity Day di Depan Mall

Bagikan:

Hidayatullah.com–Memperingati momen Palestina Solidarity Day (PSD), sejumlah relawan Palestina tumpah di berbagai kota di Indonesia secara serentak (29/11/2015).

Salah satunya di kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Aksi solidaritas ini dipelopori oleh sejumlah organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Samarinda. Mereka menggelar aksi tepatnya di persimpangan Mall Lembuswana, Samarinda.

Sejumlah poster dan spanduk dukungan Palestina memenuhi sisi luar jalan raya. Meski demikian tak tampak kemacetan dengan jumlah kendaraan yang cukup padat saat itu. Aksi solidaritas ini menampilkan beberapa orator dari sejumlah perwakilan ormas dan kelompok dakwah Islam. Selain itu kegiatan juga diselingi dengan pengumpulan dana bantuan sosial yang disebar melalui sunduq-sunduq (kotak) peduli Palestina.

“Sebagai bangsa yang pernah mendapat dukungan dari Palestina, sepantasnya rakyat Indonesia berutang budi dan menyuarakan dukungan kepada Palestina hari ini,” ujar Taufik Hidayat, ketua Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Kalimantan Timur.

Senada, Koordinator Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Samarinda, Hashemi menambahkan, kewajiban sesama Muslim untuk menolong saudara seiman. Termasuk dalam membela saudara-saudara di Palestina. “Semoga perjuangan ini menjadi saksi yang memberatkan timbangan pahala kita semua kelak,” ungkap Hashemi.

Menurut Hashemi, komunitas ODOJ Samarinda berupaya terus membantu menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Salah satunya dengan cara istiqamah tilawah satu juz al-Quran setiap harinya. Dan kami juga  akan terus menyuarakan budaya satu hari satu juz membaca Al-Quran. “Semoga dengan setiap mujahadah yang dikerahkan umat Islam, membaca al-Quran, berdoa, dan berinfak, Allah lalu berkenan menjawab permohonan hamba-hamba-Nya,” ujar Hashemi menambahkan.

Aksi Palestine Solidarity Day ini juga didukung oleh sejumlah organisasi kemahasiswaan. Sebut misalnya, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kaltim, Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Kaltim, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Mulawarman (Unmul), dan Pusat Studi Islam Mahasiswa (PUSDIMA) Unmul.

Aksi yang digelar selama dua jam ini berhasil mengumpulkan infak sebesar Rp. 10.015.000. Sebelumnya acara juga dimeriahkan dengan penampilan Teatrikal dan Puisi oleh Relawan Palestina serta Gerakan Seribu Tandatangan peduli Palestina.*/Mustabsyirah Syammar, mahasiswa UNMUL

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

“Setiap Hari Membaca Buku” di Pesantren ini

“Setiap Hari Membaca Buku” di Pesantren ini

KAMMI Pangkalan Bun adakan Training Kepemimpinan untuk Mahasiswa

KAMMI Pangkalan Bun adakan Training Kepemimpinan untuk Mahasiswa

Pilih Capres Terpuji, Bukan Orang Serakah dan Curang

Pilih Capres Terpuji, Bukan Orang Serakah dan Curang

PPI Maroko Gelar Seminar Peran Pemuda dalam Kebangkitan Bangsa

PPI Maroko Gelar Seminar Peran Pemuda dalam Kebangkitan Bangsa

Rektor ITS Apresiasi Ukhuwah di Komunitas Muslim Pakuwon City

Rektor ITS Apresiasi Ukhuwah di Komunitas Muslim Pakuwon City

Baca Juga

Berita Lainnya