Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Sukseskan Munas Hidayatullah ke-4, Mushida Adakan Lomba Kebersihan Rumah

Bagikan:

Hidayatullah.com—Guna mensukseskan Munas Hidayatullah ke-4, Muslimat Hidayatullah (Mushida) Gunung Tembak, Balikpapan mengadakan lomba kebersihan rumah di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah, Balikpapan, Ahad (25/10/2015).

Lomba yang diprakarsai oleh Departemen Sosial Mushida ini melibatkan seluruh ibu-ibu yang mendiami Ponpes Hidayatullah kampus Gunung Tembak.

Diketahui, dengan luas areal sekitar 120 hektar lebih, warga Ponpes Hidayatullah saat ini mendiami tiga lingkungan Rukun Tetangga (RT). Yaitu RT. 25, RT. 26, dan RT. 27. Semuanya tergabung dalam kelurahan Teritip, Balikpapan.

“Kami berharap dengan lomba kebersihan ini, setidaknya Mushida mengambil peran dalam sukses acara Munas Hidayatullah mendatang,” ujar Maryam, Ketua Departemen Sosial, Mushida Gunung Tembak.

Uniknya, beberapa hari jelang penilaian oleh tim juri, ibu-ibu warga sengaja diberi berkesempatan untuk berbenah dan mempercantik rumah masing-masing.

Untuk itu, Mushida bekerjasama dengan Departemen Pendidikan, memanfaatkan jasa para santri dalam membantu bersih-bersih rumah dan lingkungan sekitar.

Sejumlah santri lalu terlihat turut membantu warga. Mulai dari mengecat dinding rumah, memangkas rumput pekarangan yang meninggi, hingga membersihkan parit di sekeliling rumah.

Ibarat hubungan mutualisme, para santri terlihat girang bekerja. Sebab biasanya mereka akan disuguhi dengan berbagai kue dan penganan ringan usai membantu.

“Iya, tadi saya bersama kawan membantu menyapu halaman rumah warga,” ujar Ahmad, santri Madrasah Tsanawiyah, tersenyum.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Hidayatullah Balikpapan, Zainuddin Musaddad memberi apresiasi dan dukungan penuh kepada program lomba kebersihan Mushida tersebut.

Menurut Zainuddin, kebersihan adalah cermin dari hati dan kondisi keimanan seseorang. Kebersihan rumah dan lingkungan bukan semata karena ada acara Munas atau kunjungan tamu.

“Selain karena acara Munas dan menyambut tamu, yang terpenting adalah sebab kebersihan itu adalah bagian dari iman,” papar Zainuddin di hadapan ibu-ibu, dalam satu kesempatan pengajian.*/kiriman Sri Hartati, pengajar STIS Hidayatullah Putri, Balikpapan

Rep: Admin Hidcom
Editor: Admin Hidcom

Bagikan:

Berita Terkait

Sila Pertama adalah Bukti Bahwa Indonesia Tidak Sekuler

Sila Pertama adalah Bukti Bahwa Indonesia Tidak Sekuler

Kementerian Wakaf Qatar Buka Beasiswa di Tsanawiyah,  Aliyah dan Pendidikan Tinggi

Kementerian Wakaf Qatar Buka Beasiswa di Tsanawiyah, Aliyah dan Pendidikan Tinggi

Syabab Hidayatullah Malang Gelar Kajian Fiqih Qurban

Syabab Hidayatullah Malang Gelar Kajian Fiqih Qurban

Kapal Perang Tercanggih di Indonesia Labuh di Mesir

Kapal Perang Tercanggih di Indonesia Labuh di Mesir

Tabligh Akbar Bantu Suriah di Kabupaten Tojo Una-una

Tabligh Akbar Bantu Suriah di Kabupaten Tojo Una-una

Baca Juga

Berita Lainnya