Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Berita dari Anda

BSMI Salurkan Bantuan Obat-obatan Orthopaedi ke RS Nepal

Bagikan:

Hidayatullah.com–Korban bencana gempa 7,9 SR yang mengahancurkan sebagian wilayah Nepal terus bertambah,. Hingga kini korban tewas mencapai 7300 jiwa dan korban luka luka mencapai lebih dari 15 ribu orang, mereka yang selamat dari reruntuhan terpaksa dirawat di rumah sakit dan tenda renda medis. Umumnya mereka megalami patah tulang sehingga membutuhkan penanganan ortopaedi (patah tulang).

Relawan Indonesia yang berangkat ke Nepal dengan misi kemanusiaan dan kesehatan untuk korban gempa, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) merespon dengan memberi bantuan berupa perwatan medis dan obat obatan untuk penanganan orthopaedi. Bantuan obat-obatan diserahkan kepada RS Kantipur, yang terletak di Kathmandu, yang diterima langsung oleh kepala rumah sakit Buddhi Man Shrstha, Rabu (06/05/2015).

Bantuan yang sebagian besar untuk keperluan emergency, orthopaedi (patah tulang), anastaesi, injeksi sangat diperlukan untuk mengobati pasien.

Tim relawan yakni Muhamad Rudi (ketua rombongan/relawan asisten medis), Dr. dr. Aris Prasetyo, M.Kes (relawan medis), Riga Daniswara dan Ibnu Hadi (relawan logistik dan humas) masih berada di Nepal untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

“Hampir semua tempat tidur perawatan RS Kantipur diisi oleh pasien yang menderita patah tulang. Penangan serius terus diupayakan tapi ketersediaan SDM medis dan keterbatasan alat medis mejadi masalah buat manajemen RS,” kata Buddhi Man usai menerima bantuan obat-obatan.

Kurang nya perawatan obat orthopaedi, lanjut Buddhi, akibat banyaknya pasien yang menderita hal yang serupa sehingga menyulitkan upaya medis untuk proses penyembuhan. Ia berharap bantuan ini bisa memaksimalkan penangan pasien terutama mereka yang terkena bencana gempa.

Selain itu, tim BSMI juga mengirim bantuan logistik medis dan logistik di sejumlah tempat diantaranya di Village Satunggal, Kathmandu dan korban gempa di Ghorki, yang jaraknya 5 jam perjalanan dari Kathamndu. Bantuan logistik berupa 100 paket untuk 100 KK, Sabtu (09/05/2015), merupakan hasil kerjasama dengan NGO lokal yakni IMAN (Islamic Medical Association Nepal) dan JCYCN (Jagriti Child and Youth Concern Nepal).

Sedangkan untuk pemerataan bantuan medis, BSMI memberikan pelayanan medis kepada pengungsi Nepal di Ghorki. Sekitar 5 jam, tim relawan menuju Ghorki, yang daerahnya sebagian besar bukit dan pegunungan. Meski keterbatasan tempat untuk pemeriksaan kesehatan, sebanyak 100 pasien berhasil diberikan pelayanan kesehatan dan obat-obatn. Penyakit yang terbanyak diperiksa oleh relawan yaitu ISPA, penyakit kulit dan diare.

Di Ghorki, bantuan untuk korban gempa Nepal masih tersendat karena jarak yang jauh dari ibukota dan wilayahnya yang harus melalui pegunungan. Saat ini, warga Nepal masih membutuhkan bantuan berupa pelayanan kesehatan, obat-obatan, air bersih, bahan pangan dan dapur umum.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Jelang MUBES, Calon Ketua IKAT Bermunculan

Jelang MUBES, Calon Ketua IKAT Bermunculan

Pojok Kreatif UI, Kembangkan Kreativitas Anak, Kurangi Penggunaan Gadget

Pojok Kreatif UI, Kembangkan Kreativitas Anak, Kurangi Penggunaan Gadget

Hafal 30 Juz, 30 Santri Aceh Dapat Beasiswa ke Turki

Hafal 30 Juz, 30 Santri Aceh Dapat Beasiswa ke Turki

Anak TK dan SD Luqman Al-Hakim Jember Peduli Palestina

Anak TK dan SD Luqman Al-Hakim Jember Peduli Palestina

Darul Ihsan Juarai dua cabang MTQ Antar Pesantren  Se-Sumatera di Riau

Darul Ihsan Juarai dua cabang MTQ Antar Pesantren Se-Sumatera di Riau

Baca Juga

Berita Lainnya