Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Mahasiswa Indonesia di Arab Saudi Gencar Promosikan Indonesia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Di sela-sela kesibukan kuliah, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Islam (PPMI) Cabang Qasim Arab Saudi ikut serta dalam mahrajan tsaqafi  (ajang Festival Budaya antar Bangsa) yang diselenggarakan Universitas Al-Qasim.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas al-Qassim, Syeikh Prof. Dr. Khalid bin Abdurrahman al-Hamoudi Senin, 4 Mei 2015 pukul 10:30.

Menurut penyelenggara kegiatan, ini adalah kali pertama Universitas al-Qasim menyelenggarakan kegiatan Festival Budaya antar Bangsa yang menampilkan keunikan dan kekayaan budaya yang dimiliki setiap negara asal mahasiswa yang belajar di kampus itu. Ke depan, lanjutnya, kegiatan serupa akan digelar secara rutin di kampus tersebut dengan kemasan yang lebih memikat dan lebih semarak serta melibatkan jumlah peserta yang lebih banyak.

“Promosi citra Indonesia di luar negeri, khususnya di Arab Saudi bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan juga kami selaku mahasiswa sudah seharusnya terpanggil untuk ambil bagian memperkenalkan kekayaan budaya bangsa kita kepada masyarakat internasional,” ujar Imam Khoirul Anas, Ketua PPMI Arab Saudi.

Mahasiswa Indonesia yang belajar di sejumlah universitas di Arab Saudi beberapa tahun belakangan semakin giat mempromosikan Indonesia melalui rangkaian kegiatan budaya yang digelar pihak kampus tempat mereka belajar, seperti di Uniervsitas Islam Madinah dan Universitas Imam Ibnu Saud Riyadh.

Di sela-sela acara pembukaan, dua mahasiswa Indonesia menghibur pengunjung dengan penampilan seni pencak silat berjuluk “Silat Perisai Badar” yang disaksikan langsung oleh Rektor Kampus. Atraksi itu dibawakan Fadli Multazam, Mahasiswa Semester I Fakultas Syari’ah dan Muhammad Naim, Mahasiswa Semester I Ma’had Lughah.

Festival Budaya antar Bangsa kali pertama di Universitas al-Qasim diikuti 9 peserta mewakili negara masing-masing, yaitu Indonesia, Afganistan, China, Tajikistan, Mesir, Tunisia, Suriah, Chad dan Kashmir.

Dilaporkan saat ini terdapat sebanyak 21 orang mahasiswa asal Indonesia yang tengah menimba ilmu di universitas al-Qasim.*/Fauzy Chusny  (Arab Saudi)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mahasiswa UINSA Galang Dana Korban Asap

Mahasiswa UINSA Galang Dana Korban Asap

Dauroh “Setiap Orang Beriman, Mudah Menghafal Al-Qur’an”

Dauroh “Setiap Orang Beriman, Mudah Menghafal Al-Qur’an”

Pengajian Wartawan Peduli Syariat Bahas Keberkahan Hidup

Pengajian Wartawan Peduli Syariat Bahas Keberkahan Hidup

KJRI Jeddah Gelar Burber Perdana dengan Masyarakat

KJRI Jeddah Gelar Burber Perdana dengan Masyarakat

Jika Jiwanya Terancam, Ateis-pun Menyebut Nama Tuhan

Jika Jiwanya Terancam, Ateis-pun Menyebut Nama Tuhan

Baca Juga

Berita Lainnya