Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Kajian SPI Bandung: Clash of Civilizations Atau Clash of Worldviews?

Bagikan:

Hidayatullah.com– Pada hari Selasa, 17 Maret 2015, Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL di Bandung kembali menggelar kajian pemikiran.

Acara yang diadakan di Aula Mi’raj Tour Lantai 2, Jalan Cihapit Nomor 41, Bandung membahat tema  “The Worldview of Islam” atau dapat diartikan sebagai “Pandangan Alam Islam”.

Pembahasan disampaikan oleh Direktur Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan (PIMPIN) Bandung, Dr. Wendi Zarman.

Pada awal penyampaian materi kuliah, Dr. Wendi menjelaskan perbedaan antara The Worldview of Islam dan Islamic Worldview.

The Worldview of Islam memiliki makna tentang cara pandang Islam terhadap alam. Sedangkan Islamic Worldview mencakup juga cara pandang alam di luar Islam yang memiliki nilai-nilai keislaman di dalamnya. Kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda,” paparnya.

Doktor bidang Pendidikan Islam ini kemudian menjelaskan definisi worldview dari sudut pandang orang-orang Barat dan para ulama serta cendekiawan Muslim. Barat menyakini worldview atau dapat disebut weltanschauung adalah keyakinan-keyakinan dasar tentang wujud yang melandasi tingkah laku manusia yang kemudian mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya.

Dari definisi tersebut, Wendi memberikan beberapa contoh terkait pandangan hidup yang setiap manusia pasti memilikinya.

Salah satu contoh yang dijelaskan kepada peserta kuliah adalah mengenai realitas kebendaan uang.

“Uang adalah sebuah realitas wujud kebendaan. Apa keyakinan manusia terkait uang? Apa yang dilakukan manusia terhadap uang tersebut? Jawabannya adalah tergantung cara pandang manusia terkait uang itu sendiri. Ada manusia yang menganggap bahwa uang yang dimiliki adalah sepenuhnya miliknya dan tidak berhak orang lain memilikinya. Ada juga manusia yang menganggap bahwa uang yang ia miliki terdapat hak orang lain yang harus diserahkan untuk membersihkan hartanya dengan berzakat atau berinfaq,” ujar Wendi.

Di samping menjelaskan definisi Worldview oleh kalangan Barat, peserta pun dicerahkan kembali mengenai definisi The Worldview of Islam menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas. Menurut pandangan Al Attas, The Worldview of Islam adalah pandangan Islam tentang realitas dan kebenaran atau ru’yatul Islam lil wujud yang muncul sebelum mata pikiran kita mengungkapkan apa hakikat wujud yang sesungguhnya

“Pandangan Alam Islam adalah meyakini bahwa segala sesuatu sudah memiliki penjelasannya. Setiap penjelasan mengenai segala sesuatu itu disampaikan melalui wahyu atau Al-Hadits sebelum manusia mempertanyakannya. Berbeda halnya dengan yang diyakini oleh orang-orang Barat,” paparnya.

Sejumlah pertanyaan kritis disampaikan oleh beberapa peserta kepada Dr. Wendi, dan diskusi semakin menghangat dengan kehadiran Hafidz Ary, salah satu tokoh #IndonesiaTanpaJIL.

Di akhir kajian, Wendi sempat mengajukan sebuah pertanyaan menggelitik tentang cara kondisi masyarakat dunia global.

“Yang sebenarnya terjadi adalah Clash of Civilizations atau Clash of Worldviews?” ujarnya beretorika.

SPI merupakan kegiatan edukasi dari #IndonesiaTanpaJIL yang dilakukan untuk membendung serangan pemikiran yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam. Tidak hanya di Bandung, SPI juga diselenggarakan di Jakarta dari bulan Maret hingga akhir Mei 2015. */Ahmad Wali Radhi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

PPI Yaman Kembali Launching Buku Baru

PPI Yaman Kembali Launching Buku Baru

Membangun Spirit Dakwah Melalui Rakerwil

Membangun Spirit Dakwah Melalui Rakerwil

MIUMI Pasuruan: Yang Benar Revolusi Syiah, Bukan Revolusi Islam

MIUMI Pasuruan: Yang Benar Revolusi Syiah, Bukan Revolusi Islam

Rapat Pleno Wantim MUI, Tiga “Skala Prioritas Pendidikan Nasional” Disampaikan

Rapat Pleno Wantim MUI, Tiga “Skala Prioritas Pendidikan Nasional” Disampaikan

Wakil Menag Hadiri Nikah Massal Muallaf PP Assalam Arya Kemunging

Wakil Menag Hadiri Nikah Massal Muallaf PP Assalam Arya Kemunging

Baca Juga

Berita Lainnya