Selasa, 19 Oktober 2021 / 13 Rabiul Awwal 1443 H

Berita dari Anda

Karya Mahasiswa Indonesia di Mesir Ramaikan Cairo International Book Fair

PPMI Mesir
Muhammad Yunus Masruhi dan karyanya
Bagikan:

Hidayatullah.com—Ada yang istimewa dalam acara “Pameran Buku Internasional di Kairo 2015” yang digelar 28/01-12/02 2015.  Salah satu karya mahasiswa Indonesia ikut meramaikan pameran buku terbesar nomor dua di dunia itu.

Bertempat di hall 19, stand Mansyurat Jamal, atau di Madbouli terdapat karya berjudul “Al-Wujud wa az-zaman fi al-khithab as-shufi inda Ibn ‘Arabi” yang ditulis oleh Muhammad Yunus Masruhin, nampaknya ikut menjadi perhatian pengunjung “Pameran Buku Internasional di Kairo 2015” (ma’radh al-qahirah all-dauli lil kutub).

Sebagaimana diketahui, Muhammad Yunus Masruhi adalah kandidat doktor Fakultas Dirasat Islamiyah wa al-Arabiyah al-Azhar Kairo.

Menurut Yunus, bukunya yang ikut dipamerkan ini merupakan hasil tesis yang ditulisnya pada tahun 2007 lalu, dan dicetak pada tahun 2014 oleh Penerbit “Mansyurat al-Jamal, Coln [Jerman] dan Beirut [Lebanon].

“Isi dari buku ini adalah sebentuk usaha untuk mengembalikan pengalaman kesufian Ibn ‘Arabi ke dalam lingkungan kesufiannya setelah selama ini ditarik ke dalam wilayah filsafat, sehingga pada akhirnya menciptkan banyak salah paham tentang pengalaman kesufiannya. Dengan mengembalikan pengalaman kesufian Ibn Arabi ke dalam wilayah diskursus kesufian, maka akan menemukan kecocokan antara pengalaman kesufian dan bahasa kesufian yang dikemukakan oleh Ibn Arabi,” kata mahasiswa asal Pati, Jawa Tengah ini.

Ditanya tentang motifasinya dalam menulis buku tersebut, Yunus mengatakan bahwa dia berusaha untuk memberikan sumbangan diskursif di dalam pemikiran berbahasa Arab dengan berbasis watak Azhari dalam ranah pemikiran kontemporer.

Yunus adalah santri Perguruan Islam Mathali’ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah yang pada tahun 2001 melanjutkan pendidikannya di Fakultas Disarat Islamiah wa al-Arabiah al-Azhar Kairo. Lulus tahun 2005, dia melanjutkan program S2-nya di fakultas yang sama jurusan Ushuluddin.

Tahun 2007 Yunus menyelesaikan tamhidi dan mengajukan judul untuk menulis thesis dengan mengambil takhassus akidah filsafat dan selesai pada tahun 2011, dengan predikat cumlaude.

Setelah itu dia mengajukan disertasi di  jurusan yang sama, dengan judul “Al-Jaanib al-Insani fi al-Khitab al-Kalami inda al-Asya’irah.”*/PPMI Mesir

 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Sekularisme Mendominasi Wajah Peradaban Barat Kini

Sekularisme Mendominasi Wajah Peradaban Barat Kini

Haedar Nashir Ajak Mahasiswa di Kairo Hindari “Gaptek”

Haedar Nashir Ajak Mahasiswa di Kairo Hindari “Gaptek”

Ukhuwah Adalah Hal Utama dalam Berdakwah

Ukhuwah Adalah Hal Utama dalam Berdakwah

IJABI Ingin Peringatan Idul Ghadir Terus Digalakkan di Indonesia

IJABI Ingin Peringatan Idul Ghadir Terus Digalakkan di Indonesia

Salimah Denpasar Kokohkan Upaya Tingkatkan Kualitas Keluarga

Salimah Denpasar Kokohkan Upaya Tingkatkan Kualitas Keluarga

Baca Juga

Berita Lainnya