Rabu, 3 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Berita dari Anda

Sambut Tahun Baru Islam Dengan Qiyamul Lail

Tahun Baru Islam di Hidayatullah Balikpapan dengan menikmati Qiyamul Lail
Bagikan:

Hidayatullah.com–Masjid Agung Ar-Riyadh Gunung Tembak, Balikpapan nampak begitu ramai pada Jum’at (24/10/2014) malam.
Malam itu begitu banyak warga yang memenuhi masjid, mulai dari anak usia dini hingga bapak-bapak yang berusia lanjut. Mereka adalah jama’ah Hidayatullah yang sedang melaksanakan malam bina Islam dan takwa (Mabit). Mabit merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah 1436 yang jatuh hari Sabtu (25/10/2014).

Kegiatan yang dimaksudkan untuk menyemarakkan pergantian tahun ini dinamai dengan Gebyar Muharom Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat Balikpapan dengan mengusung tema “Dengan Spirit Muharrom dan Hijrah; Kita Perbaharui Niat, Pertajam Cita-cita, dan Perkuat Komitmen.”

Gebyar Muharrom 1436 H kali ini diikuti oleh kurang lebih 900-an jama’ah Hidayatullah yang terdiri seluruh warga yang tinggal dalam kawasan Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak Balikpapan.

Para santri dari setiap unit pendidikan, mulai dari MI, MTs, dan MA Rodhiyatan Mardhiyah Putra serta seluruh mahasiswa STIS Hidayatullah juga diwajibkan mengikuti kegiatan ini. Seluruh amal usaha dan yayasan-yayasan kecil yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah juga tak luput dari undangan panitia, di antaranya BMH, SIT Lukman Hakim Karang Bugis, Sekolah Alam Budi Mulia, BMT Umat Mandiri, Yayasan Kuliah Da’i Mandiri, Pengurus Daerah Hidayatullah Balikpapan.

Inti dari Gebyar Muharrom 1436 H ini adalah penajaman spirit Muharrom dan Hijrah yang berlangsung setelah shalat Subuh. Namun sebelumnya diselingin dengan beberapa agenda lain termasuk di dalamnya Mabit.

Selain mabit, agenda lain yang dilaksanakan dalam menyemarakkan 1 Muharram berturut-turut antara lain, shalat lail (tahajjud) berjama’ah yang dimulai pada pukul 02.00 hingga 04.30 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Subuh berjama’ah.

Selain itu, masih dalam rangkaian menyemarakkan tahun baru hijriah, Departemen Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren untuk mensuasanakan Hidayatullah Balikpapan mengadakan berbagai perlombaan bagi para santri yang berlangsung pada hari Jum’at-Sabtu (24-25 Oktober 2014. Yang diperlombakan yaitu pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, Hifdzul Qur’an dan kaligrafi.

Transformasi Spirit Muharrom dan Hijrah

Sudah menjadi tradisi di Pondok Pesantren Hidayatullah, setiap tanggal 1 Muharrom selalu ada taujih (pengarahan) dari Pimpinan Umum kepada warga dan jama’ah Hidayatullah sebagai inti kegiatan, meskipun setiap tahun ada beberapa agenda selingan sebagai variasi untuk mentransformasikan nilai hijrah.

Tahun ini, ada tiga taushiyah sebagai pengantar sebelum Pimpinan Umum menyampaikan pengarahannya. Taushiyah transformasi spirit Muharram dan hijrah dari sisi sejarah yang diisi oleh Ustadz Haji Amin Mahmud (Pembina YPP Hidayatullah Balikpapan), taushiyah transformasi spirit Muharram dan hijrah dari sisi kelembagaan oleh Ustadz Haji Nashirul Haq, Lc. MA (Anggota Dewan Syuro Hidayatullah), dan Ustadz Drs. Zainuddin Musaddad, MA selaku (Ketua YPP Hidayatullah Balikpapan).

Di akhir rangkaian kegiatan, Pimpinan Umum Hidayatullah ustadz KH. Abdurrahman Muhammad menyampaikan taujih transformasi spirit Muharrom dan hijrah kepada warga dan jama’ah Hidayatullah yang berada di Balikpapan.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pemulihan Pasca Gempa NTB, AQL-BMH Bersinergi

Pemulihan Pasca Gempa NTB, AQL-BMH Bersinergi

Upaya Mengelola Rumah Tangga Suami-Istri Campuran Indonesia dan Pakistan

Upaya Mengelola Rumah Tangga Suami-Istri Campuran Indonesia dan Pakistan

IMS Gelar Hapus Tato ke Kalimantan Timur

IMS Gelar Hapus Tato ke Kalimantan Timur

Adnin Armas: Post-Modernisme itu Filsafat Tanpa Batas

Adnin Armas: Post-Modernisme itu Filsafat Tanpa Batas

SDIT Hidayatullah Jogja Adakan Entrepreneurship for Students

SDIT Hidayatullah Jogja Adakan Entrepreneurship for Students

Baca Juga

Berita Lainnya