Ahad, 7 Maret 2021 / 23 Rajab 1442 H

Berita dari Anda

Pemerintah Indonesia Anugerahkan Bintang Penghargaan ke Petinggi Militer Pakistan

Bagikan:

Hidayatullah.com—Bertempat KBRI Islamabad, Pakistan, Hari Rabu (01/10/2014) kemarin dihelat upacara penganugerahan tanda kehormatan “Bintang Jalasena Utama dan Yudha Dharma Utama” dari Presiden RI kepada Kepala Staf Angkatan Laut Pakistan, Laksamana Mohammad Asif Sandila.

Penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas peran aktif Asif Sandila dalam meningkatkan kerjasama pertahanan dan kontribusinya dalam peningkatan kemajuan TNI AL.

Sejumlah hal yang telah dilakukan oleh Asif Sandila dalam konteks hubungan bilateral diantaranya inisiatifnya dalam pelibatan TNI AL dalam latihan multilateral AMAN, Navy to Navy Expert Level Talks dan Joint Capacity Building Program.

Hal ini menandakan bahwa hubungan pertahanan RI dan Pakistan sangat erat dan sangat potensial. Asif Sandila juga tercatat pernah menjadi perwira siswa tamu di Seskoal Cipulir pada tahun 1990 sampai 1992.

Upacara penyematan penghargaan dari Presiden RI tersebut diwakili oleh Duta Besar RI Islamabad, Burhan Muhammad dan berlangsung khidmat di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad dengan inspektur upacara  Kol. Czi. Gumuruh Winarjatmiko (Athan).

Dalam sambutan Dubes RI disampaikan bahwa kali ini adalah yang kedua penganugerahan tanda kehormatan diberikan kepada Pakistan, sebelumnya penghargaan tertinggi Indonesia di bidang sipil “Adipurna” diberikan kepada Bapak Pendiri Pakistan, Quaid-i-Azam Muhammad Ali Jinnah pada tahun 1997.

Dalam sambutan balasannya, Laksamana M. Asif Sandila mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan pengakuan atas kontribusinya dalam memperkuat kerja sama militer antara kedua negara. Disampaikan pula bahwa rakyat Pakistan tidak pernah melupakan jasa baik Indonesia, khususnya TNI AL yang telah membantu Pakistan saat terjadinya krisis politik antara Pakistan dan India tahun 1965. Di sisi lain, Asif Sandila juga menyebutkan kontribusi AL Pakistan dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan saat Tsunami di Aceh tahun 2005.

Upacara penyematan penghargaan dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Pakistan, pejabat militer AL Pakistan, para Duta Besar ASEAN dan negara sahabat serta seluruh staf KBRI Islamabad. Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan ramah tamah.*/Muladi, KBRI Islamabad

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Baim Wong Semangati Santri Tetap Istiqamah

Baim Wong Semangati Santri Tetap Istiqamah

Ulama Aceh Gerakkan Masyarakat untuk Bantu Rohingya

Ulama Aceh Gerakkan Masyarakat untuk Bantu Rohingya

Hidupkan Ramadhan, ADI Kirim Kafilah Dakwah ke Perbatasan

Hidupkan Ramadhan, ADI Kirim Kafilah Dakwah ke Perbatasan

Andriyana Terpilih jadi Ketua KAMMI Periode 2013-2015

Andriyana Terpilih jadi Ketua KAMMI Periode 2013-2015

Mahasiswa UIJ Aksi “Gerakan Mahasiswa Melawan Asap”

Mahasiswa UIJ Aksi “Gerakan Mahasiswa Melawan Asap”

Baca Juga

Berita Lainnya