Rabu, 19 Januari 2022 / 15 Jumadil Akhir 1443 H

Berita dari Anda

Masjid juga Harus berfungsi sebagai Pusat Peradaban

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dalam rangka merealisasikan amanat Piagam Gunung Tembak yakni,“Menjadikan Masjid sebagai Pusat Peradaban Islam”, Hidayatullah Batam menjadikan kemasjidan sebagai program utama pada tahun 2014.

Untuk merumuskan hal-hal yang berkaitan dengan kemasjidan, bulan Maret ini Hidayatullah Batam melakukan rapat kerja khusus tentang masjid dengan mengambil tema “Optimalisasi Fungsi dan Peranan Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam”.

Acara dilaksanakan di Aula Hidayatullah Batu Aji, Kota Batam pada tanggal Ahad-Senin (29 – 31 Maret 2014) dihadiri Ketua Pembina Kampus Utama Ustad H. Hamim Thohari.

Adapun pembukaan dilaksanakan di Masjid Agung Hidayatullah Batam dirangkaikan dengan kegiatan “Gerakan Masyarakat Peduli Akhlak Mulia Provinsi Kepulauan Riau”.

Dalam pembukaan  tersebut Hamim Thohari menyampaikan bahwa untuk memakmurkan masjid dan masyarakatnya maka harus dimulai dengan 3 hal yaitu; 1) Di tempat yang tepat, artinya sebaik-baik tempat adalah masjid. 2) waktu yang tepat (dalam melaksanakan sholat lima waktu harus tepat waktu). 3) caranya harus benar sesuai dengan sunah Rasul”.

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Yayasan H. Jamaluddin Nur menyampaikan bila masjid tak hanya sebagai tempat shalat semata, tapi sebagai pusat gerakan kaum Muslim.

“Masjid adalah sebagai pusat gerakan dakwah dan pendidikan untuk membentuk generasi yang berkualitas yaitu generasi yang cinta dengan masjid, cinta dengan ibadah dan cintah dengan Qur’an,” ujarnya.

Dalam kegiatan Rapat Kerja kali ini di ikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus  Yayasan serta Kepala, Wakil Kepala Sekolah unit pendidikan serta  jamaah Masjid Agung Hidayatullah yang berada di sekitar Kampus Hidayatullah.

Rapat Kerja ini juga diadakan training kepengurusan dan manajemen kemasjidan, laporan pertangungjawaban pengurus periode sebelumnya dan pemilihan pengurus baru.

Dalam pemilihan pengurus baru  di Pimpin oleh Ketua dan Sekretaris Pengurus Yayasan dengan menggunakan sistem syuro, dengan menunjuk  kepengurusan masjid priode 2014 s/d 2019 saudara Darmansyah, S.Sos.I sebagai Ketua Dewan Kemakmuran Masjid.

“Alhamdulillah rapat kita kali ini sangat luar biasa, seharusnya rapat kita 3 hari ternyata bias hanya 2 hari, ini direnakan antusis dan semangat  para peserta rapat yang hadir seslalu tepat waktu, sehingga kita bias menyelesaikan semua agenda rapat kita” ujar ketua panitia ust Khairul Amri.

Dipenghujung acara langsung diadakan pelantikan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Hidayatullah Batam.

Dalam penutupan Jamaluddin Nur menyampaikan, “jadilah seperti ikan di dalam air yang tidak pernah berhenti untuk bergerak.”
Tiga hal yang seharusnya dilakukan kaum Muslim; Banyak membaca,banyak bersabar dalam melaksanakan amanah dan terakhir banyak bermujahada.*/kiriman Anca

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Di Akhir Zaman, Banyak Ditemui Orang Munafik Memimpin Masyarakat

Di Akhir Zaman, Banyak Ditemui Orang Munafik Memimpin Masyarakat

Keunggulan Sistem Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Keunggulan Sistem Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Keharaman Pemimpin Kafir Derajatnya Mutawattir, Tak Ada Khilafiyah

Keharaman Pemimpin Kafir Derajatnya Mutawattir, Tak Ada Khilafiyah

Sambut Tahun Baru Masehi RISKA adakan I’tikaf Akbar

Sambut Tahun Baru Masehi RISKA adakan I’tikaf Akbar

Lahirkan Kader Mujahid, STISHID dan SAR Hidayatullah Gelar Diklat

Lahirkan Kader Mujahid, STISHID dan SAR Hidayatullah Gelar Diklat

Baca Juga

Berita Lainnya