Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Berita dari Anda

Penuhi Kebutuhan Pengungsi, BMH Gelar Penggalangan Dana Sinabung di Jakarta

detik
pengungsi Sinabung
Bagikan:

Hidayatullah.com–Setelah melakukan kunjungan langsung ke lokasi pengungsi letusan Gunung Sinabung pekan lalu (03/01/2014), siang ini Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Jum’at, (10/01/2014) langsung melakukan aksi galang dana untuk korban Sinabung.

Kegiatan tersebut menjadi sebuah upaya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah meletusnya Gunung Sinabung.

Ade Syariful Allam, Kepala Departemen Penghimpunan BMH Pusat mengatakan bahwa hari Jum’at yang penuh berkah ini hendaknya menjadi momen dan kesempatan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah meletusnya gunung Sinabung.

“Kita pilih hari ini karena data yang kami peroleh sudah sangat kuat selama sepekan melakukan kunjungan langsung. Kemudian hari ini (Hari Jum’at) adalah hari yang penuh berkah. Untuk itu, saya mengajak kaum muslimin untuk bisa membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak meletusnya Gunung Sinabung,” paparnya.

Menurut Syarif, untuk wilayah Jakarta setidaknya ada lima lokasi yang menjadi titik fokus penggalangan dana untuk pengungsi korban Sinabung.

“Insya Allah hari ini  ada lima lokasi penggalangan dana untuk Sinabung, yakni di K-link Tower lt. 10, kemudian Wisma Antara, Jl. Medan merdeka Selatan no. 17. Terus di Gedung Antam (Aneka Tambang)  Jl. Letjen Simatupang. Kemudian di Graha Surveyor Indonesia. Dan, terakhir di Kawasan Berikat Nusantara, Jl. Raya Cakung Cilincing,” detilnya.

Selain aksi turun lapangan untuk menggalang dana bantuan Sinabung, BMH juga membuka layanan call center untuk menjemput donasi untuk Sinabung di 021-7975770 atau bisa transfer via Bank Muamalat 3050054442 an. Baitul Maal Hidayatullah.

Sementara itu, data dari tim BMH di Gunung Sinabung menyebutkan bahwa untuk saat ini sudah ada 33 lokasi penampungan pengungsi dan diperkirakan akan terus bertambah. Sejak hari Selasa lalu jumlah pengungsi  sudah mencapai 22.145 jiwa dari 26 desa dan terus bertambah hingga saat ini. Termasuk 179 ibu hamil dan 606 bayi juga ikut mengungsi.

Di Lokasi

Tim BMH untuk Tanggap Bencana Sinabung tiba di lokasi tadi malam pukul 24.00 Wib. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 6 jam dari kota Medan, tim sampai di Kabupaten Karo untuk mendistribusikan bantuan tahap kedua bagi pengungsi Sinabung.

Menurut laporan Rama Wijaya, koordinator lapangan Tanggap Bencana Sinabung, pengungsi terus bertambah seiring dengan masih aktivnya letusan dan letupan awan panas Sinabung. Dengan kondisi tersebut, diperkirakan stok logistik yang ada hanya cukup untuk tiga hari kedepan.

“Kebutuhan logistik semakin menipis sementara jumlah pengungsi terus bertambah,” jelas Rama yang sedang membantu pendirian dapur umum untuk pengungsi di lokasi pengungsian.

“Hingga saat ini kebutuhan logistik masih sangat diperlukan, seperti makanan, tambahan gizi untuk ibu dan balita serta kebutuhan pangan dan obat-obatan,” ujar Rama dari Posko Peduli Bencana Nusantara BMH di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.*/kiriman Abu Ilmia

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Gubernur Jatim Senang BMH bantu Evakuasi Warga

Gubernur Jatim Senang BMH bantu Evakuasi Warga

Bupati Klaten Buka Pesona Cinta Ramadhan

Bupati Klaten Buka Pesona Cinta Ramadhan

Hasil Audit Keuangan BMH, Wajar Tanpa Pengecualian

Hasil Audit Keuangan BMH, Wajar Tanpa Pengecualian

Sejumlah Gerakan Mahasiswa Muslim Yogjakarta Luncurkan MPI

Sejumlah Gerakan Mahasiswa Muslim Yogjakarta Luncurkan MPI

Berdiri Barakah Boarding House Syariah di Pekanbaru

Berdiri Barakah Boarding House Syariah di Pekanbaru

Baca Juga

Berita Lainnya